FAKTOR-FAKTOR PEMILIHAN MODA ANTARA KENDARAAN PRIBADI DAN KERETA COMMUTER LINE RUTE BEKASI-JAKARTA

Sony Mario Hasiholan, Septiana Hariyani, Ismu Rini Dwi Ari

Abstract


Kota Bekasi sebagai kawasan penyangga ibu kota Jakarta mengakibatkan tingginya pergerakan masyarakat dari Kota Bekasi untuk melakukan aktivitas urban ke Ibukota Jakarta. Pola perjalanan komuter asal Kota Bekasi ke Jakarta pada penelitian Renauly (2014) menyebutkan bahwa rata-rata komuter asal Kota Bekasi menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi ke Jakarta, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik faktor-faktor pemilihan moda transportasi pada rute Bekasi-Jakarta. Penelitian ini menggunakan teknik survei home based interview dan google form dengan jumlah responden pada penelitian sebanyak 400 responden. Penelitian ini terbagi dalam 4 jenis responden yang didasarkan pada kepemilikan kendaraan yaitu responden memiliki motor (motor), responden memiliki mobil (mobil), responden memiliki mobil dan motor (mobil1 dan motor1), dan pengguna commuter line. Dengan analisis statistik deskriptif, diketahui bahwa responden yang menggunakan motor (motor dan motor1), mobil (mobil dan mobil1) dan commuter line melakukan tujuan perjalanan ekonomi/bekerja dan melakukan perjalanan pada pagi hari pukul 05.00-09.00. Pada segi pekerjaan, didominasi sebagai pegawai swasta dengan memilih menggunakan motor pribadi (motor dan motor1), mobil pribadi (mobil dan mobil1), dan commuter line. Adapun dari segi penilaian pelayanan commuter line, pengguna kendaraan pribadi menilai pelayanan commuter line kurang memuaskan dan masih kurang baik. Terdapat penilaian kebijakan transportasi yang masih dianggap kurang mengikat dan kurang mengendalikan pengunaan kendaraan pribadi.

Keywords


Commuter-Line; Motor; Mobil; Pemilihan-Moda; Analisis-Statistik-Deskriptif

Full Text:

PDF

References


Adirinekso, G. P. 2016.Karakteristik Penggunaan

Pelaku Perjalanan dalam Pemilihan

Moda Transportasi Pekerja di Kota

Jakarta Barat. Jrmb. 11(1): 73-89.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Provinsi Jawa Barat. 2008. RTRW

Provinsi Jawa Barat 2009-2029. Provinsi

Jawa Barat. Bappeda.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota

Bekasi. 2017. Rencana Kerja

Pemerintah Daerah. Kota Bekasi.

Bappeda Kota Bekasi.

Badan Pusat Statistik. 2018. Kota Bekasi dalam

Angka. Kota Bekasi. BPS.

Badan Pusat Statistik. 2015. Berita Resmi Statistik

DKI Jakarta. Provinsi DKI Jakarta. BPS.

Dharsono, M.S. 2019. Pengembangan Sistem

Transportasi Perkotaan Berbasis Transit

Oriented Development untuk

Meningkatkan Efisiensi Energi. Jurnal

Teknik Sipil. 4(2): 13-21.

Iskandar, A. 1995. Menuju Lalu Lintas dan

Angkutan Jalan yang Tertib. Jakarta.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Jannah, F., Agustin, I.W. & Utomo, D.U. 2016.

Faktor-Faktor Pemilihan Moda Antara

Kendaraan Pribadi Dengan Kereta Api

Tujuan Malang - Surabaya. Jurnal

Planning for Urban Region and

Environment. 5(0341): 91-100.

Kawengian, E. 2017. Model Pemilihan Moda

Transportasi Angkutan dalam Provinsi.

Jurnal Sipil Statik. 5(3): 133-142.

Kementrian Perhubungan. (2013). Tatrawil Jawa

Barat Tahun 2014.

Mangatur. 2018. Analisis Dampak Kemacetan

Lalu Lintas Terhadap Pendapatan

Masyarakat dan Aksesibilitas Di Kota

Jambi. Jurnal Pembangunan

Berkelanjutan. 1(1): 1-10.

Miro, F. 2005. Perencanaan Transportasi. Jakarta.

Penerbit Erlangga.

Munandar, A. 2015. Pemilihan Moda Transportasi

Setelah adanya Kereta Commuter Line

(Studi Daerah Penyangga Jakarta).

Jurnal Spasial Wahana Komunikasi dan

Informasi Geografi. 13(1): 41-49.

Nasir, A.A. 2017. Analisis Pemilihan Moda Angkutan Umum dalam Menunjang

Kegiatan Sosio ekonomi Masyarakat di

Kota Enrekang. Skripsi. Makassar. UIN

Alauddin.

Peraturan Daerah Kota Bekasi Nomor 17 Tahun

Tentang Penyelenggaraan dan

Retribusi Parkir serta Terminal.

Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat No. 13

Tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

Peraturan Menteri Perhubungan RI No. 48 Tahun

tentang Standar Pelayanan untuk

Angkutan Orang dengan Kereta Api.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik

Indonesia No. 54 Tahun 2013 tentang

Rencana Umum Jaringan Angkut

Massal pada Kawasan Perkotaan

Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan

Bekasi (Jabodetabek).

Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016

tentang Jenis dan Tarif atas Jenis

Penerimaan Negara Bukan Pajak

(PNBP).

Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2008

tentang Penataan Ruang Kawasan

Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang,

Bekasi, Puncak, dan Cianjur

(Jabodetabekpunjur).

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor

Tahun 2015 tentang Perubahan

dari Peraturan Presiden Nomor 53

Tahun 2012 tentang Kewajiban

Pelayanan Publik dan Subsidi Angkutan

Perintis Bidang Perkeretaapian, Biaya

Penggunaan Prasarana Perkeretaapian

Milik Negara, serta Perawatan dan

Pengoperasian Prasarana

Perkeretaapian Milik Negara.

Quinta, F. 2016. Kajian Pemanfaatan Moda

Transportasi Kereta Rel Listrik (KRL)

Commuter Line dalam Pergerakan

Komuter Bekasi-Jakarta contributor of

commuters in DKI Jakarta. Jurnal

Arsitektur dan Perencanaan. 3(4): 1-10.

Rahmawati, A. 2014. Analisis Pemilihan Moda

Sepeda Motor dan KRL ke Propinsi DKI

Jakarta. Diponegoro Journal of

Economics. 3(2): 1-7.

Renauly, M. 2014. Pola Perjalanan Penglaju Kota

Bekasi ke Jakarta. Jurnal Geografi.

(1): 1-17.

Sasmito, R.A. 2016. Studi Analisis Alternatif

Pemilihan Moda Transportasi Darat

Antara Kereta Api dan Bus Akdp Jurusan

Kota Padang - Kota Pariaman. Jurnal

Teknik Sipil. 3 (1): 68-78.

Setyodhono, S. 2017. Faktor yang Mempengaruhi

Pekerja Komuter di Jabodetabek

Menggunakan Moda Transportasi

Utama. Warta Penelitian Perhubungan,

(1): 21-32.

Sijabat, R., & Ratnasari, A. 2013. Model Pemilihan

Moda Pergerakan Komuter di

Kecamatan Sayung. Jurnal Teknik PWK.

(4): 988-997.

Suryahadi, A. 2018. Preferensi Penduduk Kota

Bekasi Dalam Memilih Bus

Transjabodetabek untuk Melakukan

Komuter ke DKI Jakarta. Jurnal

Dinamika Ekonomi Pembangunan. 4(3):

-40.

Tamin, O. Z. 2000. Perencanaan dan Pemodelan

Transportasi. Bandung. Penerbit ITB.

Taufiq, D.N.M. 2018. Pemilihan Moda Kereta

Gantung pada Rute Perjalanan Kota

Malang-Kota Batu. Tidak

dipublikasikan. Skripsi. Malang:

Universitas Brawijaya.

Undang-Udang No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak

dan Retribusi Daerah.

Vuchic, V.R. 1981. Urban Public Transportation

Systems and Technology, Prentice-Hall,

Englewood Cliffs. New Jersey.

Widiarto, E. 2018. Operational Performance of

Railways on Jakarta Kota-Bekasi Route.

Advances in Transportation and

Logistics Research. 105-119


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.