PENGARUH RUANG TERBUKA HIJAU TERHADAP KUALITAS LINGKUNGAN (STUDI PADA TAMAN PEMUKIMAN DI KOTA MALANG)

Tamara Juliana Siswanto, Deni Agus Setyono, Abdul Wahid Hasyim

Abstract


Kota Malang merupakan kota kedua terbesar di Jawa Timur yang memiliki fungsi sebagai pusat pendidikan, perdagangan jasa, perkantoran dan pariwisata perkotaan (RTRW Kota Malang 2010 – 2030) yang sedang berupaya menyeimbangkan pembangunan dengan memperhatikan luasan dan kualitas ruang terbuka hijau yang berpengaruh pada tingkat kebisingan perumahan dan kadar CO. Taman yang menjadi lokasi wilayah studi peneliti meliputi taman yang tersebar di Wilayah Utara Kota Malang khususnya Kecamatan Lowokwaru meliputi taman perumahan Graha Mulia, De Green Pavilion, Bumi Tunggulwulung Indah, Griya Shanta RW 19, dan Permata Jingga. Peneliti ingin mengkaji dan menganalisa tentang Pengaruh Ruang Terbuka Hijau Terhadap Kualitas Lingkungan yang dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan pada kualitas lingkungan pemukiman akibat adanya RTH Taman Pemukiman tersebut. Pengukuran pengaruh dilakukan dengan melakukan analisis deskriptif berdasarkan perspektif penghuni perumahan dan AHP (Analytical Hirarchy Process) untuk menstrukturkan tujuan, kriteria, hingga alternatif berdasarkan survei terhadap para ahli pertamanan. Berdasarkan hasil analisis AHP pada Pengaruh RTH terhadap kualitas lingkungan, diperoleh bahwa keputusan alternatif yang dilakukan adalah perbaikan kualitas RTH untuk meningkatkan kualitas lingkungan. Sebagian besar responden dari penguin perumahan pada wilayah studi menyatakan bahwa kualitas RTH berpengaruh terhadap kualitas lingkungan perumahan. Keberadaan taman di wilayah studi berpengaruh terhadap kualitas lingkungan karena taman di wilayah studi menjadi sarana Ruang Terbuka Hijau dengan berbagai aspek yang dapat meningkatkan nilai biologis, sosial, dan ekonomi bagi penghuni perumahan.

Keywords


Ruang-Terbuka Hijau; Kualitas Taman-Perumahan; AHP

Full Text:

PDF

References


Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Malang Tahun 2010 – 2030.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 5 Tahun 2008 Tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan

Project for Public Space (PPS). www.pps.org. Diakses pada 20 Februari 2020.

Syamdermawan, W., Surjono, & Eddi Basuki Kurniawan. 2012. Pengaruh Ruang Terbuka Hijau terhadap Kualitas Lingkungan pada Perumahan Menengah Atas. Teknologi dan Kejuruan, Vol. 35, No.1, Pebruari 2012: 81-92.

Sasongko, W., Kurniasanti, R., & Siregar, J. 2017. The development concept of Taman Aloon-Aloon Tulungagung based on visual accessibility, diversity of activities and perception of users. IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.