PEMILIHAN MODA ANTARA KENDARAAN PRIBADI DAN KERETA API ( RUTE SOLO - YOGYAKARTA )

Narulita Putri Hapsari, Budi Sugiarto Waloejo, Nailah Firdausiyah

Abstract


Kota Yogyakarta dikenal sebagi kota budaya, wisata, jasa, industri kerajinan, dan pendidikan. Berdasarkan data Area Traffic Control System (ATCS) DIY tahun 2019, Kota Solo menempati asal pergerakan eksternal tertinggi menuju Kota Yogyakarta, dimana 91% didominasi kendaraan pribadi. Sebagai solusi permasalahan kepadatan lalu lintas pemerintah melalui PT Kereta Api Daop 6 menyediakan moda transportasi kereta api prameks untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Sehingga dibutuhkan adanya pemodelan pemilihan moda,   mengetahui variabel berpengaruh dan menganalisis tingkat probabilitas perpindahan moda dari kendaraan pribadi ke kereta api prameks. Analisis data yang dilakukan ialah analisis statistik deskriptif dan analisis multinomial logit. Hasil dari analisis multinomial logit didapatkan 16 model berdasarkan kendaraan yang digunakan pelaku perjalanan dan faktor faktor yang mempengaruhi pemilihan moda. Hasil tingkat probabilitas perpindahan moda dengan memaksimalkan pelayanan kereta prameks diperoleh 95% pelaku perjalanan motor1 akan mau berpindah menggunakan kereta prameks, 91% pelaku perjalanan motor2 akan mau berpindah menggunakan kereta prameks, 94% pelaku perjalanan mobil1 akan mau berpindah menggunakan kereta prameks dan 98% pelaku perjalanan mobil2 akan mau berpindah menggunakan kereta prameks.


Keywords


Pemilihan-Moda; Kereta-Prameks; Kendaraan-pribadi; Analisis-Multinominal-Logit

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik.2019. Kota Solo Dalam Angka

Badan Pusat Statistik.2019. Kota Yogyakarta Dalam Angka

Dinas Perhubungan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 2019.Data ATCS Kendaraan di Jl Yogya – Solo. DIY: Dishub.

Dinda, R., Anggraini, R. & Sugiarto, S. 2018.Model Bangkitan Pergerakan Rumah Tangga Bagi Pengguna Sepeda Motor Berdasarkan Lokasi Tujuan Perjalanan Di Kota Banda Aceh. Banda Aceh: Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan 1(3):19-30.

Hanief, F. 2016.Pengaruh Urban Sprawl Terhadap Perubahan Bentuk Kota Semarang Ditinjau dari Perubahan Kondisi Fisik Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang. Jurnal Ruang 2(1):341-350.

Indriasari. 2017.Analisis Kemacetan Lalu Lintas di Jalan Arteri dan Kolektor di Kecamatan Depok dan Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Jannah, F., Agustin, I.W. & Utomo, D.U. 2016. Faktor-Faktor Pemilihan Moda Antara Kendaraan Pribadi Dengan Kereta Api Tujuan Malang - Surabaya. Malang: Planning for Urban Region and Environment 5(4), 91- 100.

Khaerul,A.I. 2015.Analisis Faktor Penentu Pemilihan Jurnal Bagi Pegawai di Kota Makasar. Pembangunan 4(3):28-40

Susanto & Supriyono. 2017.Analisis Kinerja Lalu Lintas Skripsi. Makasar: Universitas Hasanudin.

Miro, F.2005. Perencanaan Transportasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Peraturan Daerah Kota Solo No 5 tahun 2016 tentang retribusi daerah dijelaskan mengenai tarif retribusi tempat khusus parkir yaitu pelataran, taman dan gedung.

Peraturan daerah Provinsi Jawa Tengah no 33 tahun 2019 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Untuk Kendaraan Bermotor Tahun 2019 dan Pembuatan Sebelum Tahun 2019.

Peraturan Menteri Dalam Negeri no 52 tahun 2019 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2019.

Prayoga, G. 2016.Model Probabilitas Alih Moda Sepeda Motor ke Angkutan Kota di Bekasi Timur. Jurnal Teknik ITS. 5(1):23-28.

Raudah, 2015. Pengembangan Survai Stated Preference Untuk Model Pilihan Moda Di Kota Palangka Raya. Lampung: International Simposium XIII, 12-32

Saputra, R. 2017.Analisa Fator Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Moda menuju tempat kerja Menggunakan Metode AHP. Jurnal Teknik Sipil 1(1)199-218

Setyawan, T. & Karmilah. 2017.Dampak Guna

Lahan Terhadap Tingkat Kemampuan Kinerja Jalan. Semarang: Jurnal Planologi. Vol 14, 40-53

Sukamto., & Buchori, I. 2018.Model Proyeksi Perubahan Penggunaan Lahan Kawasan Koridor Jalan Utama Berbasis Cellular Automata dan Sig. Semarang: Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota Volume 14 no 4, 307-322 .

Tamin, O. Z.2000 Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Edisi Kedua. Bandung: Penerbit ITB.

Toar, J. I., Timboeleng, J. A., &. Sendow, T. K. 2015 Analisa Pemilihan Moda Angkutan Kota Manado – Kota Gorontalo Menggunakan Model Binomial-Logit-Selisih. Manado: Jurnal Sipil Statik Vol.3 No.1, 27-37


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.