KARAKTERISTIK BERBELANJA ONLINE DI KOTA MALANG

Guruh Ridlotul Putri, Septiana Hariyani, Nailah Firdausiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik masyarakat di Kota Malang dalam berbelanja baik itu online dan offline serta pengaruhnya terhadap pergerakan berbelanja masyarakat di Kota Malang. Sampel untuk penelitian ini dihitung berdasarkan jumlah penduduk yang berusia minimal 15 tahun dengan mengambil sampel pada 5 (lima) kecamatan di Kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, yaitu survei dilakukan secara door to door menggunakan kuisioner sebanyak 348 sampel. Analisis pada penelitian ini adalah analisis PLS (Partial Least Square) dengan menggunakan software SmartPLS 2.0. Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah variabel terikat (X) dan variabel bebas (Y). Variabel terikat (X) berupa perilaku konsumen, penggunaan internet, kepercayaan, dan keputusan pembelian secara online, sedangkan variabel bebas (Y) yaitu pola pergerakan berbelanja offline dibagi menjadi 16 kategori jenis kebutuhan berbelanja. Berdasarkan hasil survei di Kota Malang, minat beli masyarakat yang berbelanja online sangat dipengaruhi oleh potongan harga dan promosi yang dilakukan penjual. Selain itu, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap website online shopping dengan reputasi baik dan memiliki beragam variasi produk merupakan salah satu hal yang menjadi penarik minat pembeli. Sedangkan pada masyarakat yang melakukan offline shopping, kepuasaan dan keleluasaan dalam memeriksa produk sebelum dibeli merupakan hal yang utama. Sehingga, pembeli merasa lebih aman dan tidak perlu khawatir atas penipuan. Berdasarkan hasil analisa PLS, diketahui bahwa perilaku berbelanja online dapat mengurangi pergerakan berbelanja masyarakat di Kota Malang, khususnya pada kebutuhan makanan/minuman, keperluan dan mainan anak, kosmetik dan perawatan kulit, serta fashion tersier.

Keywords


PLS (Partial-Least-Square); Perilaku-Berbelanja; Berbelanja-Online; Pergerakan-Berbelanja; Keputusan-Pembelian

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Delafrooz, N., Paim, L. H., & Khatibi, A. 2010. Students’ Online Shopping Behavior: An Empirical Study. Journal of American ScienceJournal of American Science, 66(11), 137–147.

Ghozali, Imam. 2015. Partial Least Squares Konsep, Teknik, dan Aplikasi menggunakan Program SmartPLS 3.0 Edisi 2. Semarang: Universitas Diponegoro

Hasil survei pengguna internet tahun 2018 oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII)

Kecamatan Blimbing Dalam Angka. 2018. Kota Malang

Kecamatan Kedungkandang Dalam Angka. 2018. Kota Malang

Kecamatan Klojen Dalam Angka. 2018. Kota Malang

Kecamatan Lowokwaru Dalam Angka. 2018. Kota Malang

Kecamatan Sukun Dalam Angka. 2018. Kota Malang

Kim. 2003. Analisis faktor-faktor kepercayaan pelanggan dalam transaksi e-commerce. Kota Malang Dalam Angka. 2018. Kota Malang.

Kota Malang Dalam Angka. 2018. Kota Malang

Kotler, Philip. 2000. Prinsip-prinsip Pemasaran Manajemen. Jakarta: Prenhalindo.

Liang, T. P., & Lai, H. J. 2000. Electronic store design and consumer choice: an empirical study. Proceedings of the Hawaii International Conference on System Sciences, (January 2000), 152.

Partono, A. A., & Purwanto, A. 2015. Pengaruh Karakteristik Komite Audit Dan Audit Eksternal Sebagai Mekanisme Pengawasan Pada Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2012-2013). 4(2), 10–23.

Rahmat, S., Hamang, N., & Nurhakki. 2017. Pengaruh Online Shop Terhadap Minat Beli Mahasiswa Stain Parepare. 1, 22–46.

Rofiq, Ainur. 2007. Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce (Studi Pada Pelanggan E-Commerce Di Indonesia). Universitas Brawijaya.

Rotem-Mindali, O., & Weltevreden, J. W. J. 2013. Transport effects of e-commerce: What can be learned after years of research? Transportation, 40(5), 867–885. https://doi.org/10.1007/s11116-013-9457-6

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. 2007. Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. In PT. Indeks Gramedia.

Thohiroh, A. Q., & Yuwono, S. 2015. Perilaku Konsumtif Melalui Online Shopping Fashion Pada Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 16(1), 24–25. https://doi.org/10.30798/makuiibf.323102

Warpani, P. Suwardjoko. 1990. Merencanakan Sistem Perangkutan. Bandung: Penerbit ITB

Willy & Jagiyanto. 2015. Partial Least Square (PLS) – Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi

World Stats. Top Internet Usage. https://www.internetworldstats.com/top20.htm (Diakses pada tanggal 10 September 2019).

Zacoeb, A. 2015. Metode Penelitian (Populasi dan Sampel). Malang: Teknik Sipil Universitas Brawijaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.