PERBAIKAN OBYEK WISATA PANTAI NGLIYEP KABUPATEN MALANG

Syamawan Putra Wiratama, Agus Dwi Wicaksono, Wawargita Permata Wijayanti

Abstract


Wisata Pantai Ngliyep dalam RTRW Kabupaten Malang Tahun 2010-2025 ditetapkan sebagai salah satu wisata unggulan di Kabupaten Malang. Pada tahun 2015-2018 jumlah pengunjung Wisata Pantai Ngliyep mengalami fluktuasi. Hal ini mengindikasikan perlunya evaluasi terhadap pelayanan yang selama ini diberikan kepada pengunjung, sehingga dapat diketahui tingkat kinerja dan kepentingan Wisata Pantai Ngliyep. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun rekomendasi upaya perbaikan pelayanan di Wisata Pantai Ngliyep yang ditinjau dari 5 (lima) aspek yaitu Reliability (kehandalan), Assurance (jaminan), Tangible (berwujud), Emphati (empati), dan Responsiveness (ketanggapan). Hasil skor persepsi pengunjung dianalisis dengan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mendapatkan nilai tingkat kinerja dan kepentingan dan analisis Quality Function Deployment (QFD) untuk menggambarkan proses penyusunan rekomendasi dan penentuan prioritas perbaikan indikator. Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa terdapat 8 variabel yang pelayanannya harus ditingkatkan, adapun rekomendasi yang upaya perbaikan pelayanan diantaranya sebagai berikut penambahan dan perbaikan tempat sampah dengan prioritas penanganan sebesar 31,58%, penambahan dan perbaikan lampu penerangan jalan menuju Pantai Ngliyep dengan prioritas penanganan sebesar 31,35%, penyelenggaran event rutin dengan kerjasama dengan berbagai komunitas dengan prioritas penanganan sebesar 29,92%, peremajaan fasilitas (kamar mandi, musholla) dengan prioritas penanganan sebesar 29,20% dan penambahan sarana foto bagi pengunjung dengan prioritas penanganan sebesar 26,65%

Keywords


Wisatawan; Importance-Performance-Analysis; Quality-Function-Deployment

Full Text:

PDF

References


Adam, Muhammad Brian. 2018. Strategi Pengembangan Pariwisata Pesisir Di Kawasan Taman Wisata Pantai Ngliyep Kabupaten Malang. Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Rizkiyani, A. H. & Achmadi, F. 2016. Strategi Pemasaran Objek Wisata Dengan Pendekatan Servqual Mix dan Quality Function Deployment (Qfd) (Studi Kasus Di Objek Wisata Pantai Talang Siring Kabupaten Pamekasan). Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Rahajeng, A., Akbar, S. I., & Jaya, W. K. 2016. Kualitas Pelayanan Wisata Bahari Di Yogyakarta Berdasarkan Persepsi Dan Kepentingan Pengunjung: Analisis Menggunakan Quality Function Deployment The Service Quality Of Marine Tourism In Yogyakarta Based On Tourist Perception And Expectation: Quality Function Deployment Analysis. IOSR Journal of Research & Method in Education Volume 6, Issue 6 Ver. II

Fajriah, S.D. & Mussadun. 2014. Pengembangan Sarana dan Prasarana untuk Mendukung Pariwisata Pantai yang Berkelanjutan (Studi Kasus: Kawasan Pesisir Pantai Wonokerto Kabupaten Pekalongan). Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota. 10 (2), 218-233.

Hartanti, F. T. & Hariastuti, N. L. P. . 2015. Integrasi Servqual Dan Qfd Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Tempat Rekreasi Kenjeran Baru Surabaya. Surabaya. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Khosyatillah, 2009. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Mutu Pelayanan Pengelola Wisata Bahari Lamongan. Skripsi tidak dipublikasikan Institut Pertanian Bogor.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu. Jakarta: Prentice Hall.

Kotler, Philip. 2003. Marketing Management. 11st edition. Prentice Hall, New Jersey

Sari, N. & Setiyowati, S. 2017. Pengaruh Keragaman Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di PB Swalayan Metro. Jurnal Manajemen Magister. Volume 3. Nomor 2. Prastyo, Indra Wahyu, 2016, Kajian Kualitas Pelayanan Terminal Pemadu Moda di Bandara Pengumpul Tersier (Studi Kasus Bandara Abdurrahman Saleh, Malang). Skripsi, Universitas Brawijaya. Malang. Wahyudi, Johan. 2016. Kajian Kinerja Pelayanan Terminal Penumpang Domestik Bandar Udara Kelas 1 Utama Juwata Tarakan. Tesis, Universitas Brawijaya. Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.