KARAKTERISTIK WISATAWAN DALAM PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI DI KOTA BATU

Rody Nur Rochman, Septiana Hariyani, Dadang Meru Utomo

Abstract


Kota Batu merupakan kota dengan tarikan sektor pariwisata di Provinsi Jawa Timur yang paling besar. Kota Batu pada tahun 2018 menjadi kota wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun internasional
tercatat peningkatan jumlah wisatawan dari tahun 2015 – 2018 sebesar 80%. Pertumbuhan jumlah wisatawan di Kota Batu menyumbang permasalahan tranportasi berupa kemacetan lalu lintas di Kota Batu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan moda transportasi wisata di Kota Batu, nantinya faktor-faktor tersebut bisa dijadikan rekomendasi kepada pemerintah untuk
perbaikan angkutan kota, agar pelaku perjalanan lebih memilih angkutan kota. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan karakteristik wisatawan pengguna moda transportasi
menuju Kota Batu dan regresi multinomial logistik untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan moda bagi wisatawan. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan
moda bagi wisatawan di Kota Batu pada faktor karakteristik pelaku perjajalanan dipengaruhi oleh usia pelaku perjalanan, pendapatan pelaku perjalanan, jumlah keluarga yang berada di rumah pelaku perjalanan, jumlah
kendaraan yang dimiliki, kepemilikan kendaraan mobil pelaku perjalanan, tingkat pendidikan SMP sederajat, tingkat pendidikan SMA sederajat, pekerjaan mahasiswa, pegawai negeri, sedangkan pada karakteristik
pergerakan dipengaruhi oleh lama menginap di Kota Batu, lama perjalanan menuju Kota Batu, pengeluaran selama berwisata, teman perjalanan teman, teman perjalanan keluarga, pengalaman berkunjung pernah tapi
jarang. Kelompok faktor karakteristik sistem moda transportasi dipengaruhi oleh keterjangkauan angkutan kota, kenyamanan, keteraturan, kemudahan angkutan kota, serta berdasarkan karakteristik kebijakan transportasi
dipengaruhi oleh kebijakan pembuatan SIM, pajak kendaraan, angkutan kota gratis untuk wisata


Keywords


Pemilihan-Moda; Wisatawan.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Taufik. 2017. Penilaian Wisatawan

akan Atribut Pariwisata di Kota Batu.

Tourism and Hospitality Essentials (THE)

Journal, Vol. 7 No. 2, Hal. 91-96.

Amimaitreya, Wasesa & Еdriana Pangеstuti.

Peran Theme Park Pada Industri

Pariwisata Dalam Penyerapan Tenaga Kerja

Di Kota Batu (Studi pada Museum Angkut

dan Kusuma Agrowisata. Jurnal Administrasi

Bisnis (JAB). Vol. 51 No. 2, Hal. 196 – 200.

Aminah, S., 2009. Transportasi Publik dan

Aksesibilitas Masyarakat Perkotaan. QJournal,

Vol 20(1). Available at:

http://journal.unair.ac.id/filerPDF/Transpor

tasi Publik dan Aksesibilitas.pdf.

Badan Pusat Statistik Kota Batu. 2017. Kota Batu

Dalam Angka Tahun 2017. Kota Batu: BPS.

Bando, Tetsu., Daisuke F., Achmad W., Lila K. W.

Stated Preference Analysis for New

Public Transport in a Medium-sized Asian

City: A Case Study in Malang, Indonesia.

Journal of the Eastern Asia Society for

Transportation Studies. XI, pp.1451-1466.

Ferdiansyah, Ronando. 2009. Kemungkinan

Peralihan Penggunaan Moda Angkutan

Pribadi Ke Moda Angkutan Umum

Perjalanan Depok – Jakarta. Jurnal

Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol. 20 No.

, Desember 2009, hlm 183 – 198.

Indra, Siswa & Sukarman. 2014. Model Pemilihan

Moda Angkutan Pribadi Dan Angkutan

Umum Pada Daerah Rute Transmusi Koridor

IV. PILAR Jurnal Teknik Sipil UniversitasPalembang, Volume 10, No. 2, September

Jannah, Fatihatul. 2016. Model Pemilihan Moda

antara Kendaraan Pribadi dengan Kereta Api

Tujuan Malang-Surabaya. Skripsi. Malang:

Universitas Brawijaya.

Khasani, M.A., 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan Di

Pantai Cahaya, Weleri, Kabupaten Kendal.

Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi

Universitas Diponegoro.

Lew, A & McKercher. 2006. Modeling Tourist

Movements, A Local Destination Analysis.

Britain: Journal of Tourism Research, Vol. 33,

No. 2, pp. 103-423, 2006.

Marpaung, Happy. 2002. Pengetahuan

Kepariwisataan. Bandung: Alfabeta R.G.

Maulana, Hafiz Ilham & Wahyu Cahyo. 2014.

Pengembangan Model Pemilihan Moda

Antara Kendaraan Pribadi Dan Bus Trans

Malang Dengan Menggunakan Metode

Stated Prerfernce (Studi Kasus Pada Kota

Malang). Jurnal Universitas Brawijaya, Vol 1,

No. 3.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia. 2015.

Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor

PM 29 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 98

Tahun 2013 Tentang Standar Pelayanan

Minimal Angkutan Orang Dengan

Kendaraan Bermotor Umum dalam Trayek.

Miro, Fidel. 2005. Perencanaan Transportasi

untuk Mahasiswa, Perencana dan Praktisi.

Erlangga. Jakarta.

Muawanah, Lis Binti & Herlan Pratikto. 2012.

Kematangan Emosi, Konsep Diri Dan

Kenakalan Remaja. Surabaya: Jurnal

Psikologi Universitas 17 Agustus 1945: Vol. 7,

No.1, April 2012: 490 – 500.

Putra, Dedi P., Etty Sulandari, Said. 2018. Analisis

Hubungan Antara Kemacetan Dan Polusi

Udara Di Jalan Sultan Abdurahman

Pontianak. Jurnal Universitas Tanjungpura,

Vol. 1, No. 4. Halaman 1 – 11.

Rahmasari, Anggraeni & Juliani Pudjowati. 2017.

Strategi Pengembangan Desa Inovasi

Pariwisata Kota Batu Dengan Local

Economic Resources Development (LERD).

Jurnal Universitas Bhayangkara Surabaya,

Vol. 1; No. 1.

Rodriguez G. 2007. Multinomial Response Model.

http://data.princeton.edu/wws509/notes/c

pdf (diakses: 12 Juni 2016)

Saputra, Desy. 2014. Transportasi Wisatawan

Keliling Batu akan Digratiskan. Antaranews.

Rabu, 22 Oktober 2014.

http://www.antaranews.com/berita/46005

/transportasi-wisatawan-keliling-batuakan-

digratiskan (diakses tanggal 29 April

Sukarto, H. 2006. Pemilihan Model Transportasi

Di Dki Jakarta Dengan Analisis Kebijakan

“Proses Hirarki Analitik”. Jurnal Teknik Sipil

Universitas Pelita Harapan, Vol. 3, No. 1,

Januari 2006.

Tamin, O.Z.. 2000. Perencanaan & Pemodelan

Transportasi (Second Edition). Penerbit ITB,

Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.