ANALISA PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMBANGUNAN JALAN (DESA NGADAS KECAMATAN PONCOKUSUMO KABUPATEN MALANG)

Premmy Bima Kurniawan, Gunawan Prayitno, AR Rohman Taufiq Hidayat

Abstract


Pembangunan dan pemerintahan merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan satu sama lain. Namun bukan merupakan rahasia umum lagi bahwa saat ini terdapat permasalahan terkait dengan pemerataan pembangunan yang seharusnya merata dari tingkat pusat hingga tingkat atau unit pemerintahan terkecil yaitu pedesaan. Hal ini dikarenakan Indonesia terdiri dari banyak desa, sehingga pembangunan di desa sudah harus menjadi bagian penting agar potensi desa dapat dimanfaatkan dengan baik. Salah satu desa di Kabupaten Malang yang memiliki potensi besar terkait pertaniannya adalah Desa Ngadas, desa ini terletak di Kecamatan Poncokusomo dan memiliki potensi besar terkait komoditas sayuran seperti wortel, kubis, kentang, tomat dan lainnya. Untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki Desa Ngadas, maka dibutuhkan akses yang memadai agar pengiriman komoditas pertanian dan akses warga menuju lahan. Alasan inilah yang selanjutnya menyebabkan pihak pemerintah Desa Ngadas mengutamakan pembangunan infrastruktur berupa jalan. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat pada pembangunan jalan di Desa Ngadas. Metode analisis menggunakan alat ukur skoring tingkat partisipasi masyarakat di Desa Ngadas dalam program pembangunan jalan terdiri dari 4 tahapan, yaitu pengambilan keputusan, pelaksanaan program, pemanfaatan program dan evaluasi program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap pengambilan keputusan berada pada kategori cukup, tahap pelaksanaan program berada pada kategori tinggi, tahap pemanfaatan program berada pada kategori tinggi dan tahap evaluasi program termasuk pada kategori cukup serta hasil partisipasi keseluruhan berada pada kategori sedang.


Keywords


partisipasi-masyarakat; pembangunan-jalan; perencanan; pelaksanaan; pemanfaatan-dan-evaluasi

Full Text:

PDF

References


Andini U. H., Mochamad S. S., Ainul H. 2014. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dari Desa Tertinggal Menuju Desa Tidak Tertinggal. Jurnal Administrasi Publik. 2(12):8-10.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang. 2017. Kecamatan Poncokusumo Dalam Angka. Malang. Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang.

Cohen, J., Uphoff, N. 1980. Rural Development Participation Concept and Measure for Project Design Implementation and Evaluation. New York. Cornell University.

Pemerintah Desa Ngadas. 2018. Data Desa Ngadas Tahun 2018. Ngadas. Pemerintah Desa Ngadas.

Perda Kabupaten Malang. 2006. Peraturan Daerah Kabupaten Malang Nomor 18 Tahun 2006 tentang Alokasi Dana Desa. Malang. Perda Kabupaten Malang.

Rantung, R. L., Posumah J. H., Ogotan M. 2015. Hubungan Perencanaan Dan Partisipasi Masyarakat Dengan Keberhasilan Pembangunan Di Desa Lompad Kecamatan Ranoyapo. Jurnal Administrasi Publik. 31(3):3-5.

Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta. Sekretariat Negara.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeda Bandung.

Wahyuni, S. 2006. Proses Komunikasi dan Partisipasi dalam Pembangunan Masyarakat Desa. Bogor. IPB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.