EVALUASI KINERJA OPERASIONAL DAN KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN KOTA DI KOTA MALANG RUTE AL DAN HA

Reza Eka Handiansyah, Imma Widyawati Agustin, Nailah Firdausiyah

Abstract


Kota Malang menggunakan angkutan kota sebagai salah satu sarana transportasi umum selain taxi. Jasa transportasi angkutan kota di Kota Malang digunakan oleh masyarakat sejak lama untuk melakukan kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Sebanyak 1.300 armada jasa angkutan kota dan 25 trayek, namun dipilih rute Arjosari – Landungsari dan Hamid rusdi – Arjosari karena kinerja operasionalnya belum memenuhi standar menurut studi terdahulu. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun arahan kinerja operasional dan arahan peningkatan kinerja pelayanan Agkutan Umum Kota rute Al dan HA. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kinerja operasional dan Important-Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui fakta dan harapan pada layanan Angkutan kota Malang, terdapat 6 indikator aspek yang masuk dalam kuadran 1 pada rute AL dan 10 indikator aspek yang masuk dalam kuadran 1 pada rute HA, yang kemudian dianalisis menggunakan QFD untuk mencari alternatif arahan peningkatan kinerja pelayanan perjalanan. Hasil yang didapatkan untuk meningkatkan pelayanan angkutan kota pada rute AL adalah papan informasi halte pada armada dan titik pemberhentian yang memiliki nilai (67,3), sedangkan pada angkutan kota rute HA diperlukan perbaikan sarana dan prasarana angkutan kota yang memiliki nilai (94,3).


Keywords


Angkutan-Umum-Kota; Kinerja-Operasional; Kinerja-Pelayanan; Important-Performance-Analysis; Quality-Function-Development-Analysis

Full Text:

PDF

References


Adityasari, Mahasti. Waloejo, Budi S. dan Hariyani, Septiana. 2018. Evaluasi Kinerja Pelayanan Angkutan Kota ABG, CKL dan AT di Kota Malang. Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya.

Anang, Bachtiar. 2018. Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Kota Malang. Fakultas Teknik, Univesitas Islam Malang.

Aziz, Punjung, Dkk. 2017. Evaluasi kesesuaian rute angkutan kota Malang berdasarkan struktur ruang Kota Malang. Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya.

Medi, N. 2017. Analisis Kinerja Operasional (Waktu Tempuh, Kecepatan Perjalanan, dan Load Factor) Angkutan kota (Pete-Pete) Kota Kendari Pada Trayek R01 dan R02. Jurnal Teknik Sipil.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 98 Tahun 2013 Tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Jakarta.

Silva, Nelson Francisco; Sulistio, Harnen; Abusini, Sobri, 2015 Kajian Pelayanan Terminal Angkutan kota, Media Teknik Sipil Vol X : 69-78.

Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat No.687/AJ.206/DRJD/2002 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum Di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap Dan Teratur


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.