POTENSI REDUKSI SAMPAH PADA TPS DI KECAMATAN BATU

Muhammad Ramadhani Miftahul Asa, Kartika Eka Sari, Christia Meidiana

Abstract


Bertambahnya jumlah populasi manusia berbanding lurus dengan bertambahnya jumlah timbulan sampah. Kondisi tersebut membuat kinerja TPA menjadi meningkat karena masih banyak pengelolaan sampah yang salah satunya tidak melakukan pengurangan sampah secara maksimal dari hulu hingga hilir di Indonesia. Paradigma pengelolaan sampah yang baru adalah sebelum sampah diproses akhir di TPA, sampah harus di reduksi semaksimal mungkin khususnya di TPS sehigga dapat megurangi jumlah timbulan sampah yang masuk ke TPA. Permasalahan yang terjadi di Kota Batu khususnya di Kecamatan Batu dalam pengelolaan sampah adalah belum terdapat kegiatan dan sarana pengomposan di TPS. Sampah dari TPS kemudian diangkut menuju TPA Tlekung tanpa dilakukan pengurangan sampah secara maksimal di TPS dikarenakan pada TPS belum terdapat sarana dan kegiatan pengomposan. Kondisi eksisting TPS Kecamatan Batu juga masih terdapat yang kurang sesuai dengan acuan normatif sehingga kinerja operasional TPS kurang maksimal. Penelitian ini memiliki tujuan memberikan rekomendasi yang sesuai dengan acuan normatif seperti SNI, kebijakan, peraturan Menteri dalam pengelolaan sampah mengenai kinerja operasional TPS dan mengetahui besar potensi reduksi sampah pada TPS. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kinerja operasional TPS dan analisis mass balance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi kinerja 9 TPS Kecamatan Batu berdasarkan penilaian dengan membandingkan kondisi eksisting dengan acuan normatif, terdapat 7 TPS dengan klasifikasi sesuai dan 2 TPS dengan klasifikasi kurang sesuai. Adanya kegiatan pengolahan sampah berupa pemilahan sampah pada TPS, sehingga dapat mereduksi sampah sebesar 1,4 % dari total timbulan sampah. Kegiatan reduksi akan ditingkatkan dengan menambahkan sarana dan kegiatan pengomposan sehingga potensi reduksi sampah meningkat menjadi 24,23% dari total timbulan sampah. Dengan adanya potensi reduksi timbulan sampah dapat mengurangi jumlah sampah yang diangkut ke TPA. 


Keywords


Tempat-Penampungan-Sampah-Sementara; Pengelolaan-Sampah; Reduksi-Sampah

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2008. Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah. Jakarta

Arief, S. 2013. Pengelolaan Sampah Malang Raya Menuju Pengelolaan Sampah Terpadu yang Berbasis Partisipasi Masyarakat. Jurnal Humanity. 8(2): 195-208.

Badan Standarisasi Nasional. 2008. SNI 3242-2008 tentang Pengelolaan Sampah di Permukiman. Jakarta

Badan Standarisasi Nasional. 2002. SNI 19-2454-2002 tentang Tata Cara Teknik Operasional Pengelolaan Sampah Perkotaan. Jakarta

Darnas, Y., Anas, A. A., & Hasibuan, A. 2020. Pengendalian Air Lindi Pada Proses Penutupan TPA Gampong Jawa Terhadap Kualitas Air Sumur. Serambi Engineering. 5(3): 1165-1176.

Hartanto, W. 2006. Kinerja Pengelolaan Sampah di Kota Gombong [tesis]. Semarang (ID): Universitas Diponegoro.

Hendra, Y. 2016. Perbandingan Sistem Pengelolaan Sampah Di Indonesia dan Korea Selatan: Kajian 5 Aspek Pengelolaan Sampah. Aspirasi. 7(1): 77-91.

Lukas, A. d. 2018. Peningkatan Mutu Penanganan Limbah Rumah Sakit (SNI 3242:2008) dengan Penerapan Teknologi Karbonisasi. Jurnal Standardisasi. 20(2): 129 - 138.

Kementerian Pekerjaan Umum, K. P. 2010. Modul Pengolahan Sampah 3R. Jakarta. Kementerian Pekerjaan Umum.

Pratama, R. A., & Ihsan, I. M. 2017. Peluang Penguatan Bank Sampah untuk Mengurangi Timbulan Sampag Perkotaan. Jurnal Teknik Lingkungan. 18(1): 112-119.

Sari, Filosovia Titis., Hardianto. 2011. Perencanaan Material Recovery Facility Secara Manual di TPA Bulusan Banyuangi. Jurnal Spectra. 18(9): 26-35.

Siyoto, dkk. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta. Literasi Media Publising.

Sugiono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sulistyorini, N. R., & Darwis, R. S. 2016. Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Di Lingkungan Margaluyu Kelurahan Cicurug. Jurnal Sosial Work. 5(1): 71-80

Tchobanoglous, G. Theisen, H., & Vigil, S.A. 1993. Integrated Solid Waste Management. United States. McGraw-Hill.

Widyarasna, I. W., & Zafira, A. D. 2015. Kajian Pengembangan Sistem Pengelolaan Sampah di Kabupaten Tangerang. Jurnal Teknik Lingkungan. 21(1): 87-97.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.