MODEL TARIKAN PERGERAKAN RUMAH SAKIT SAIFUL ANWAR TERHADAP JALAN JAKSA AGUNG SUPRAPTO KOTA MALANG

Bella Rizqa Idha Ayu, Nailah Firdausiyah, Adipandang Yudono

Abstract


Kecamatan Klojen memiliki fungsi kawasan seperti perumahan, perdagangan dan jasa, pendidikan, perkantoran, apotek dan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tarikan pergerakan Rumah Sakit Saiful Anwar terhadap kinerja jalan Jaksa Agung Suprapto serta memberikan alternatif peningkatan kapasitas jalan yang digunakan untuk mengurangi tundaan dan meningkatkan tingkat pelayanan jalan. Analisis yang digunakan antara lain yaitu analisis kinerja jalan, analisis korelasi parsial dan analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji f dan koefisien determinasi. Analisis korelasi parsial dan regresi linier berganda menggunakan IBM SPSS 26 dengan metode stepwise. Hasil penelitian menunjukkan tarikan pergerakan Rumah Sakit Saiful Anwar didapatkan persamaan YRSSA= 17,603 + 0,006 (X3) + 0,015 (X6) + 1,841 (X4) dengan nilai pergerakan 169 skr/hari. Hasil penelitian kinerja jalan pada Jalan Jaksa Agung Suprapto memiliki tingkat pelayanan E pada bagian Selatan Segmen I pukul (09.00-10.00) dengan volume kendaraan 3006 skr/jam dan derajat kejenuhan 0,96 (LOS E) yang artinya arus tidak stabil dan pada bagian Utara Segmen I memiliki tingkat pelayanan D pada pukul (09.00- 10.00) dengan volume kendaraan 3361skr/jam dan derajat kejenuhan 0,84 (LOS D) yang artinya arus mulai tidak stabil. Alternatif paling efektif untuk meningkatkan pelayanan jalan adalah dengan pengontrolan parkir di bahu jalan. 


Keywords


bangkitan-tarikan-pergerakan; kinerja-jalan; korelasi-parsial; regresi-linier-berganda

Full Text:

PDF

References


Barenlitbang. 2016. Rencana Induk Jaringan Jalan Terintegrasi Malang Raya. Kota Malang.

BPS Kota Malang. 2019. MalangTimes.com. Retrieved from Catat Angka 5,72 Persen, Pertumbuhan Ekonomi Kota Malang Melandai 5 Tahun Terakhir:

Kerami, D. 2015. Permodelan Matematis. Tangerang Selatan: Universitas

Terbuka.

Rencana Strategis RSSA. 2019 - 2024. RSUD Dr. Saiful Anwar Malang Rumah Sakit Kelas Dunia Pilihan Masyarakat. Retrieved from Rencana Strategis (Renstra) RSUD Dr. Saiful Anwar :

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tamin. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: ITB.

Tamin, O., & Frazila, R. 1997. Penerapan Konsep Interaksi Tata Guna Lahan - Sistem Transportasi Dalam Perencanaan Sistem Jaringan Transportasi. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 34- 48.

Waloeja, B. 2013. Model Interaksi Tata Guna Lahan - Jaringan Jalan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.