EVALUASI PADA JALUR PEJALAN KAKI DI UNIVERSITAS BRAWIJAYA BERDASARKAN KONSEP UNIVERSAL DESIGN

Ulil Azmi, Johannes Parlindungan, Eddi Basuki Kurniawan

Abstract


Kota Malang telah ditetapkan sebagai Kota Pendidikan inklusif yang berarti pembangunan secara menyeluruh dalam berbagai hal. Penerapan pembangunan menyeluruh berupa penyediaan fasilitas yang sesuai kebutuhan pada sarana pendidikan seperti perguruan tinggi. Universitas Brawijaya merupakan pendidikan tinggi yang memiliki pergerakan yang tinggi didalamnya salah satunya kegiatan berjalan kaki. Terdapat program peningkatan fasilitas disabilitas dari Rektorat Universitas Brawijaya, perwujudannya dapat menggunakan konsep Universal Design. Terdapat penyandang disabilitas sebanyak 92 mahasiswa yang memiliki hak dan kebutuhan sama dalam melakukan kegiatan di dalam Universitas Brawijaya, terutama untuk penyandang disabilitas yang berhubungan langsung dengan akses fisik jalur pejalan kaki seperti tuna daksa, tuna netra dan cerebral palsy. Oleh karena itu, perlu adanya evaluasi pada jalur pejalan kaki di Universitas Brawijaya berdasarkan konsep Universal Design. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi mengenai pembenahan jalur pejalan kaki terkait evaluasi dan persepsi pengguna berdasarkan konsep Universal Design. Metode analisis yang digunakan adalah Behaviour Mapping dan Analisis Presepsi. Hasil penelitian menunjukan penggunaan jalur dan fasilitas pejalan kaki, evaluasi jalur pejalan kaki berdasarkan 7 prinsip universal design yang secara keseluruhan tidak 100% memenuhi prinsip, serta hasil rata-rata skor presepsi antara pengguna keseluruhan adalah 74,3 sedangkan pengguna dengan disabilitas 46,79. Hal tersebut mengindikasikan penilaian jalur pejalan kaki di Universitas Brawijaya membutuhkan peningkatan kualitas yang didasari oleh prinsip Universal Design.


Keywords


universal-design; disabilitas; jalur-pejalan-kaki

Full Text:

PDF

References


Joyce, Marcella Laurens. 2005 . Arsitektur Dan Perilaku Manusia. Jakarta. Grasindo

Listanto. 2006. Hubungan Fungsi dan Kenyamanan Jalur Pedestrian (Studi Kasus: JL. Pahlawan Semarang). Tesis

Ostroff, E. 2011. Universal Design: An Evolving Paradigm. New York: McGraw Hill.

PSLD Universitas Brawijaya. 2020. Kemahasiswaan di https://psld.ub.ac.id/in/kemahasiswaan/

Robbins, S.P., dan Judge, T. 2013. Organizational Behavior, Fifteenth Edition, Prentice Hall.

Story, M. F. 2011. The Principles of Universal Design. New York: McGraw Hill.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Universitas Brawijaya. 2020. Statistik UB di https://ub.ac.id/id/about/ub-by-the-number


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.