PERSEPSI WISATAWAN OBJEK WISATA PANTAI BASE-G KOTA JAYAPURA

Arthur Semseviera Rontini, Gunawan Prayitno, Wawargita Permata Wijayanti

Abstract


Kota Jayapura merupakan ibukota Provinsi Papua yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik sehingga memiliki objek wisata Pantai yang memiliki daya tarik bagi wisatawan. Objek Pantai diantaranya Pantai Base-G, Pantai Hamadi, Pantai Holtekam dan beberapa Pantai lainya. Pengelolaan Pantai Base-G dikelola oleh masyarakat pemilik hak ulayat setempat. Pantai Base-G merupakan bagian integral dari kepemilikan adat suku diantanya yaitu, Suku Puy, Suku Makanuai, Suku sibi dan Suku Yoe. Pembagian lokasi berdasarkan hak setiap marga atau clan, sehingga setelah masuk dengan membeli karcis wisatawan harus menyiapkan uang lagi untuk biaya parkir. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi pengembangan objek wisata Pantai Base-G berdasarkan persepsi wisatawan terhadap kualitas pelayanan komponen pariwisata Pantai Base-G. Berdasarkan hasil analisis IPA yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa terbagi menjadi 4 kuadran untuk atribut yang perlu dikembangan dengan menggunakan konsep strategi pengembangan yang berbeda-beda pada setiap kuadran. Kuadran I terdapat 10 atribut, kuadran II terdapat 9 atribut, kuadran III terdapat 7 atribut, dan kuadran IV terdapat 4 atribut. Arahan pengembangan yang di rumuskan terbagi menjadi 10 arahan pengembangan pada setiap aspek yang berbeda-beda.

Keywords


Pariwisata; Pantai-Base-G; Importance-Performance-Analysis

Full Text:

PDF

References


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua. 2019. Data jumlah Pengunjung wisata Provinsi Papua. Jayapura.

Dinas Statistik Kota Jayapura.2019. Kota Jayapura Dalam Angka. Jayapura.

Hartono, Jogiyanto. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman. Yogyakarta: BPFE.

Nawawi,H. 1995. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada. University Press.

Suwantoro, Gamal. 2002. Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy, Gregorius dan Chandra. 2011. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta. Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.