PENILAIAN KUALITAS KAWASAN WISATA ALAM DAN BUDAYA PERKAMPUNGAN BUDAYA BETAWI SETU BABAKAN, DKI JAKARTA

Shafiyah Fakhrona, Nindya Sari, Wara Indira Rukmi

Abstract


Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan merupakan salah satu kawasan wisata di DKI Jakarta. Jumlah pengunjung PBB Setu Babakan setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Namun, apabila jumlah kunjungan dibandingkan dengan total jumlah kunjungan wisatawan nusantara di objek serupa di DKI Jakarta jumlah kunjungan tersebut hanya menyumbang persentase sebesar 1,3% (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, 2020). Peningkatan jumlah kunjungan juga belum diiringi dengan pengembangan yang optimal. Pengunjung memiliki penilaian negatif yang relatif tinggi terhadap kunjungannya (Mulyadi dan Alkaf (2020); Paludi, 2016). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas PBB Setu Babakan serta rekomendasi perbaikan kualitas. Penilaian kualitas dilakukan pada lima dimensi kualitas pelayanan (reliability, responsiveness, tangible, empathy, dan assurance) dengan total atribut 70. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga: (1) Survei primer untuk memberikan gambaran umum kawasan; (2) Survei primer daring berupa kuesioner penilaian kualitas; dan (3) Survei sekunder daring berupa studi kepustakaan dan pengambilan data dari dokumen daring. Penentuan responden dilakukan secara accidental sampling dengan sampel sejumlah 400 responden. Data dianalisis menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD). Hasil analisis IPA menunjukkan terdapat 24 atribut termasuk pada Kuadran I (concentrate here), 20 atribut pada Kuadran II (keep up the good work), 12 atribut pada Kuadran III (low priority), dan 14 atribut pada kuadran IV (possible kill). Hasil analisis QFD menghasilkan 14 rekomendasi perbaikan kualitas pelayanan.

Keywords


Penilaian-Kualitas-Pelayanan; Kawasan-Wisata; Importance-Performance-Analysis; Quality-Function-Deployment

Full Text:

PDF

References


Ananda, Ingrid Dwi. 2018. Persepsi Pengunjung terhadap Kualitas Pelayanan di Objek Wisata Taman Rekreasi Alam Mayang Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 5(1):1-14.

Data Jumlah Kunjungan Wiasatawan ke PBB Setu Babakan Tahun 2005.

Data Jumlah Kunjungan Wisatawan Nusantara ke Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019.

Irawan, Handi. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta. Elex Media Komputindo.

Junaedi, Didi. 2015. Perbaikan Kualitas Pelayanan Jasa Kepariwisataan dengan Metode SERVQUAL dan QFD (Studi Kasus di Keraton Kasepuhan Kota Cirebon). Operations Excellence: Journal of Applied Industrial Engineering. 7(1):33-49.

Kempiak, J., Hollywood, L., Bolan, P., & Beattie, U. M. M. 2017. The Heritage Tourist: An Understanding of The Visitor Experience at Heritage Attractions. International Journal of Heritages Studies. 23(4):375-392.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Erlangga.

Mubin, Ahmad. 2008. Perencanaan Perbaikan Kualitas Layanan Jasa Wisata Menggunakan Pendekatan Integrasi SERVQUAL dan Quality Function Deployment. Jurnal Teknik Industri. 9(2):102-111.

Mulyadi dan Alkaf, F. T. 2020. Pemetaan Potensi Ekonomi Berbasis Budaya Usaha Mikro Kecil Menengah Setu Babakan. Jurnal Abdimas. 1(2):71-79.

Paludi, Salman. 2016. Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom) terhadap Citra Destinasi, Kepuasan Wisatawan, dan Loyalitas Destinasi Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jakarta Selatan. (Tesis Magister, Institut Bisnis Nusantara).

Parasuraman, A., Zheitmal, V. A., dan Berry, L.L. 1988. SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing. 64(1):12-40.

Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta No. 1 Tahun 2012 tentang RTRW 2011-2030.

Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta No. 3 Tahun 2005 tentang Penetapan Perkampungan Budaya Betawi.

Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta No. 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi.

Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 229 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pelestarian Kebudayaan Betawi.

Pratiwi, P. N., Rujito, H., & Yudhia K., B. P. Y. 2019. Strategi Pengembangan Agrowisata SIMBAT di Kabupaten Jember. Jurnal Agribest. 3(2):84-95.

Sabila, S., & Damayanti, M. 2017. Kualitas Pelayanan pada Kawasan Wisata Benteng Kuto Besak Palembang. Jurnal Pengembangan Kota. 5(1):78-92.

Salim, I. S., & Mwaipopo, L. J. 2016. What Satisfies Tourist in Cultural Heritage Sites? Evidence of Zanzibar Stone Town. Journal of Research in Hospitality, Tourism, and Culture. 3(1):1-10.

Utama, I Gusti Bagus Rai. 2016. Pengantar Industri Pariwisata: Tantangan & Peluang Bisnis Kreatif. Yogyakarta. Deepublish.

Wisnawa, I. M. B., Prayogi, P. A., & Sutapa, I. K. 2019. Manajemen Pemasaran Pariwisata: Model Brand Loyalty Pengembangan Potensi Wisata di Kawasan Pedesaan. Yogyakarta. Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.