HUBUNGAN KARAKTER WISATAWAN TAMAN SUMBER UBALAN DI KABUPATEN KEDIRI TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT LOKAL

Indah Ayu Purwaningsih, Nindya Sari, Ar. Rohman Taufiq Hidayat

Abstract


Wisata Taman Sumber Ubalan memiliki potensi yang besar untuk menarik lebih banyak kesempatan ekonomi yang lebih besar bagi daerah sekitarnya, dikarenakan jumlah wisatawan yang lebih besar dari rata-rata DTW lainnya di Kabupaten Kediri. Banyaknya jumlah wisatawan yang berkunjung diharapkan juga mampu memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat lokal untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin melihat apakah karakter wisatawan memiliki hubungan dengan pendapatan yang diperoleh masyarakat lokal di wisata Taman Sumber Ubalan. Penelitian ini dilakukan menggunakan analisis deskriptif dan korelasi Chi Square untuk variabel karakter wisatawan. Karakter wisatawan yang akan dicari hubungannya dengan pendapatan masyarakat lokal adalah jenis kelamin (X1), usia (X2), tempat asal (X3), jumlah anggota kedatangan (X4), tingkat pendapatan (X5), jumlah pendapatan masyarakat lokal (pemilik usaha & tenaga kerja) (X6). Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antar variabel karakter wisatawan menggunakan analisis korelasi Chi Square, diperoleh hasil bahwa pengeluaran berwisata (Y1) wisatawan memiliki hubungan korelasi dengan jenis kelamin (X1), tempat asal (X3), jumlah pendapatan wisatawan (X5), dan pendapatan masyarakat lokal (pemilik usaha dan tenaga kerja) (X6). Hasil tersebut menunjukkan bahwa pendapatan masyarakat lokal (pemilik usaha dan tenaga kerja) berhubungan signifikan dengan jumlah uang yang dibelanjakan oleh wisatawan di lokasi wisata Taman Sumber Ubalan.

Keywords


pariwisata; karakter-wisatawan; korelasi; chi-square

Full Text:

PDF

References


Biantoro, Rudi. 2014. Pengaruh Pariwisata Terhadap Krakteristik Sosial Ekonomi Masyarakat Pada Kawasan Objek Wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang. Jurnal Teknik PWK. Vol. 3 No. 4. 1038-1047.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri. 2019. Kabupaten Kediri dalam Angka Tahun 2019. Kediri. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri.

Hodur, Nancy M & Leistritz. 2015. Estimating the Economic Impact of Event Tourism. Journal of Convention & Event Tourism, 8:4, 63-79.

Johnson, P & Thomas, Barry. 2006. Measuring the Local Employment Impact of a Tourist Attraction: An Empirical Study. Jurnal Regional Studies. Vol. 24.5, pp. 395-403.

Putra, A.P. dkk. 2017. Analisis Dampak Berganda Objek Wisata Pantai Watu Dodol Banyuwangi. Jurnal of Torurism and Creativity. Vol. 1 No. 2 (141-154).

Sari, Nindya. 2005. Pengaruh Aksesibilitas terhadap Perkembangan Wisatawan di Kabupaten Malang. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Sari, Nindya., dkk. 2013. Kajian Potensi Pariwisata Perkotaan di Kota Malang berdasarkan Stakeholder. Jurnal Tata Kota dan Daerah. Vol. 5 (1): 47.

Spillane, James J. 1993. Ekonomi Pariwisata: Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Kanisius.

Vanhove, Norbert. 2005. The Economics of Tourism Destination. United Kingdom. Elsevier Butterworth-Heinemann.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.