EVALUASI KINERJA ANGKUTAN KOTA TRAYEK AH (ARJOSARI-HAMID RUSDI) DI KOTA MALANG

Ulvia Sahda Agustina, Septiana Hariyani, Imma Widyawati Agustin

Abstract


Angkutan kota merupakan alat transportasi yang memiliki peranan penting untuk wilayah perkotaan yang memiliki mobilitas tinggi, karena jika tidak dilengkapi dengan angkutan kota maka beban jaringan jalan semakin besar dan menyebabkan kemacetan pada ruas jalan. Kota Malang adalah salah satu kota yang memiliki mobilitas tinggi, sehingga pengembangan angkutan kota di Kota Malang sangat diperlukan dan perlu ditingkatkan fasilitasnya agar bisa lebih nyaman saat digunakan. Saat ini penilaian angkutan kota di Kota Malang tidak hanya dilihat dari segi fungsi utamanya yang digunakan sebagai alat transportasi saja, melainkan juga dilihat dari fasilitas penunjangnya, sehingga perlu dilakukan evaluasi kinerja angkutan kota trayek AH di Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja operasional dan kinerja pelayanan angkutan kota trayek AH di Kota Malang. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis kinerja operasional (loadfactor, headway dan travel time) dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kepuasan penumpang terhadap pelayanan angkutan kota trayek AH. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja operasional untuk load factor dan headway rata-rata masih dibawah standar, sedangkan untuk travel time sudah memenuhi standar yang telah di tentukan oleh Dirjen Perhubungan Darat No. 687 Tahun 2002. Sedangkan untuk kinerja pelayanan angkutan yang masuk dalam kuadran I (atribut pelayanan yang memiliki kepentingan sangat tinggi tetapi memiliki nilai kepuasan yang rendah) yaitu atribut lampu penerangan, jendela angkot dan jadwal kedatangan, sehingga perlu diprioritaskan

Keywords


Angkutan-kota; kinerja-operasional; kinerja-pelayanan; Importance-Performance-Analysis

Full Text:

PDF

References


Achadiyah, I.R., Kurniawan, E.B., & Hariyani, S. (2010), Kinerja dan Rute Pelayanan Angkutan Kota di Kawasan Perkotaan Lumajang- Kabupaten Lumajang. Jurnal Tata Kota dan Daerah.

Adityasari, M. 2019. Evaluasi Rute Angkutan Kota Malang Trayek ABG, CKL, dan AT. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.

Algifari. 2015. Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasan, Metode Importance-Performance Analysis (IPA) dan Model Kano. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

Anastasia, Ari, I.R., & Agustin, I. W. 2015. Evaluasi Kinerja Pelayanan Angkutan Kota di Kota Palu (Studi Kasus Trayek Mamboro Manonda Line B2). Indonesian Green Technology Journal.

Astuti, K. W. 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat dalam Memilih Angkutan Trans Jogja di Malioboro. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Dinas Perhubungan. 2014-2024. Penyususnan Naskah Akademis dan Rancangan Peraturan Walikota Tentang Rencana Induk Jaringan Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kota Malang. Kota Malang: Dinas Perhubungan.

Dinas Perhubungan Kota Malang. 2016. Profil Dinas Perhubungan Kota Malang. Malang

Ekawati, N.N, Soeaidy, M.S, &Ribawanto, H. 2014. Kajian Dampak Pengembangan Pembangunan Kota Malang Terhadap Kemacetan Lalu Lintas. Jurnal Administrasi Publik (JAP). 2(1):129-133. Malang. Universitas Brawijaya.

Peraturan Pemerintah N0. 41 Tahun 1993 tentang Angkutan Jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Safe, Y.T., Udiana, I,M., & Bella, R.A. 2015. Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Trayek Terminal Oebobo – Terminal Kupang dan Terminal Kupang- Terminal Noelbaki PP. Jurnal Teknik Sipil.

SK DIRJEN PERHUBUNGAN DARAT NO.SK.687/AJ.206/DRJD/2002 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur.

Soseco, T. 2011. Pusat Pertumbuhan di Kota Malang Potensi dan Permasalahan. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan. 3(1).

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Keputusan Menteri Perhubungan No. 35 tahun 2003 tentang penyelenggaraan Angkutan Orang di Jalan dangan Kendaraan Umum.

Wahyudin, U. 2015. Importance Performance Analysis Layanan Perpustakaan UPI untuk Optimalisasi Peningkatan Mutu Akademik dan Penelitian. Edutech, Volume 1 No. 2, Juni 2015 ISSN : 0852-1190. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Warpani, S. 2002. Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Penerbit ITB. Bandung

Yuanitaa, R. 2006. Evaluasi Rute Angkutan Umum Pusat Kota dalam Mengurangi Beban Lalu Lintas di Pusat Kota Salatiga. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.