EVALUASI KINERJA OPERASIONAL DAN PELAYANAN BRT TRANS PAKUAN KORIDOR 3 PADA MASA PANDEMI COVID-19

Bagas Aprilian Susanto, Nailah Firdausiyah, Ismu Rini Dwi Ari

Abstract


Selama pandemi COVID-19 terdapat istilah Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Kondisi pandemi COVID-19 membuat masyarakat beradaptasi dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) seperti menggunakan masker, melakukan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak dan sterilisasi fasilitas yang digunakan secara bersama pada sektor transportasi agar masyarakat tetap merasa nyaman saat menggunakan moda transportasi massal BRT Trans Pakuan Kota Bogor. Fokus penelitian ini adalah mengevaluasi kinerja operasional berdasarkan aspek load factor, travel time, waktu tunggu dan headway, mengevaluasi kinerja pelayanan berdasarkan atribut keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan, keteraturan dan memberikan rekomendasi peningkatan kinerja sesuai dengan regulasi yang berlaku dengan menambahkan regulasi yang berlaku pada kondisi pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD) untuk memberikan rekomendasi. Hasil penelitian untuk kinerja operasional dapat diidentifikasi travel time melebihi 7,38-7,9 menit, waktu tunggu melebihi 17,36-17,75 menit. Terdapat 16 atribut yang termasuk dalam prioritas peningkatan pelayanan dan 4 atribut pada kinerja operasional, dengan prioritas tertinggi pada kinerja operasional yakni respon teknis RT-5 menambah jam keberangkatan bus pada peak hour setiap 20-30 menit sekali dan non peak hour setiap 40-45 menit. Pada kinerja pelayanan prioritas tertinggi RT-1 yakni penambahan fasilitas informasi pelayanan armada. Hasil tersebut dapat dijadikan rekomendasi bagi manajemen BRT Trans Pakuan untuk meningkatkan kinerja operasional dan pelayanan armada.


Keywords


Evaluasi-Kinerja; Importance-Performance-Analysis; Quality-Function-Deployment; BRT-Trans-Pakuan

Full Text:

PDF

References


Dell’Olio, L., Ibeas, A., Ona, J.D., Ona. R.D. (2018). Public Transportation Quality of Service: Factor, Models and Application. Cambridge: Elsevier

Desfika, T.S. 2020. Pandemi COVID-19 Memukul Bisnis di Sektor Transportasi. Jakarta: Beritasatu https://www.beritasatu.com/feri-awan-hidayat/ekonomi/619131/pandemi-covid19-memukul-bisnis-di-sektor-transportasi. (diakses pada 26 November 2020)

Dinas Perhubungan. 2020. Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor Nomor 551.1/490 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Selama Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dalam Penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Kota Bogor. Bogor: Dinas Perhubungan

Dirjen Perhubungan Darat. 2020. Surat Edaran Nomor SE 11 Tahun 2020 Tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Transportasi Darat Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Untuk Mencegah Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Jakarta: Dirjen Perhubungan Darat

Dirjen Perhubungan Darat. 2002. SK Dirjen Perhubungan Darat No 687 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum. Jakarta: Kemenetrian Perhubungan

Garber, N.J.& Hoel, L.A. 2009. Traffic and Highway Engineering. United States of America: University of Virginia

Kementerian Perhubungan. 2012. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 10 Tahun 2012 Tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Massal. Jakarta: Kementerian Perhubungan

Kementerian Kesehatan. 2020. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 Tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Jakarta: Kementerian Kesehatan

Kementerian Kesehatan. 2020. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 Tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Jakarta: Kementerian Kesehatan

Kementerian Perhubungan. 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 27 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Permenhub Nomor 10 Tahun 2012. Jakarta: Kementerian Perhubungan

Savitri, A., Murtejo, T., Rulhendri. 2017. Kajian Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kinerja Transpakuan Bogor (Studi Kasus: Peayanan di Halte dan Pelayanan di Dalam Bus Trans Pakuan Bogor). Jurnal Rekayasa Sipil. 6(2): 97-103

Silva, N.F.A.D.S., Sulistio, H., Abusini, S. 2015. Kajian Kinerja Pelayanan Terminal Angkutan Umum (Studi Kasus Terminal Becora Dili-Timor Leste). Media Teknik Sipil. 13(1): 69-78

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumardiyani, W.R. 2019. Tanpa Subsidi Operasional Bus Trans Pakuan Terancam Tidak Beroperasi Tahun Ini. Bogor: Pikiran Rakyat. https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-01305843/tanpa-subsidi-operasional-trans-pakuan-terancam-tak-beroperasi-tahun-ini?page=2. (diakses pada 10 Oktober 2020)

Syaiful. & Arafah, A. 2013. Studi Kasus Karakteristik Pelayanan Bus Trans Pakuan Kota Bogor. Seminar Nasional III Teknik Sipil. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta, 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.