KAJIAN RISIKO BENCANA TSUNAMI DI PANTAI BARAT KABUPATEN PANDEGLANG, PROVINSI BANTEN

El Ashar Hakim, Fadly Usman, Aris Subagiyo

Abstract


Bencana tsunami merupakan bencana yang tak mungkin terelakkan, namun sebagai umat manusia mampu untuk melakukan mitigasi dan adaptasi terhadap bencana. Pada tahun 2018 di Provinsi Banten yang diawali oleh adanya erupsi Gunung Anak Krakatau. Badan Geologi pada Kementerian ESDM bersama dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mendapatkan adanya ancaman erupsi Gunung Berapi Anak Krakatau dengan status “Waspada” pada level II dan erupsi tersebut akan menciptakan kolom abu yang diperkirakan akan mencapai tinggi sekitar 400 meter di atas puncak serta 738 mdpl. Erupsi Gunung Api Anak Krakatau menjadi pemicu terjadinya longsor pada lereng gunung seluas 64 ha dan selanjutnya menyebabkan adanya longsor di bawah permukaan laut dan pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya gelombang raksasa yaitu tsunami di Provinsi Banten dan Lampung. Untuk mengurangi kerusakan maupun kerugian yang diakibatkan oleh bencana, maka diperlukan kajian risiko bencana yang kemudian sebagai acuan untuk melakukan mitigasi maupun adaptasi terhadap bencana yang akan datang. Tingkat risiko bencana dipengaruhi oleh tingkat kerentanan kawasan dan tingkat ancaman bencana terhadap suatu kawasan. Untuk mendapatkan tingkat kerentanan dan tingkat ancaman, maka telah ditetapkan beberapa indicator dan dilakukan perhitungan untuk mendapat tingkat risiko.

Keywords


Tsunami; Kerentanan; Ancaman; Risiko; Kebencanaan

Full Text:

PDF

References


Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 02 Tahun 2012 Tentang Pedoman Umum Pengkajian Risiko Bencana.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2010 Tentang Mitigasi Bencana Di Wilayah Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil.

Undang Undang RI No. 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.

Dokumen Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Tahun 2018, BPBD Kabupaten Pandeglang.

Naryanto, Heru Sri. 2019. Kajian Bahaya Tsunami Di Pantai Utara Kabupaten Serang. Jurnal Alami (ISSN: 2548-8635), Vol. 3 No. 2, Tahun 2019. Pusat Teknologi Reduksi Risiko Bencana (PTRRB), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Prasetya, Akhmad Rizki A., et al. 2021. Assessment of landslide risk in the mountainous area. Case study: Bumiaji Sub-District. IOP Conf. Ser.: Earth Environ. Sci. 916 012009.

Naryanto, Heru Sri. 2019. Analisis Bahaya, Kerentanan, Dan Risiko Bencana Tsunami Di Provinsi Papua Barat. Jurnal Alami (ISSN: 2548-8635), Vol. 3 No. 1, Tahun 2019. Pusat Teknologi Reduksi Risiko Bencana (PTRRB), Badan Pengkajian dan Penerapan

Teknologi (BPPT).

Diposaptono dan Budiman. 2006. Pemetaan Tingkat Risiko Tsunami di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. E-Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis, Vol. 1, No. 1 Halaman 48-61, Juni 2009.

Subardjo, Petrus. Ario, Raden. 2015. Uji Kerawanan Terhadap Tsunami Dengan Sistem Informasi Geografis (SIG) Di Pesisir Kecamatan Kretek,

Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jurnal Kelautan Tropis, September 2015 Vo.18(2) : 82-97 ISSN 0853-7291. Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro

Lestari, Triana Wiji. 2017. Penentuan Zonasi Risiko Bencana Tsunami Di Kabupaten Banyuwangi. Laporan Skripsi Program Studi Perencanaan Wilayah Dan Kota Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan ITN Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.