EVALUASI KINERJA JALUR PEJALAN KAKI DI KORIDOR JALAN PANGLIMA SUDIRMAN, BANGKALAN

Andika Mulya Arifin, Budi Sugiarto Waloejo, Septiana Hariyani

Abstract


Koridor Jalan Panglima Sudirman, Bangkalan merupakan jalur utama Daerah Pecinan yang ramai pengguna jalur pejalan kaki. Namun, jalur pejalan kaki tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Beberapa permasalahan pada ruas Jalan Panglima Sudirman adalah adanya pedagang kaki lima yang berjualan pada ruas jalan tersebut, sehingga membuat keadaan jalur pejalan kaki menjadi rusak dan mengganggu ruang gerak pejalan kaki, sebagian toko menggunakan badan jalan untuk berjualan, kemudian adanya pelaku parkir liar menggunakan sebagian badan jalur pejalan kaki sebagai tempat parkir, dan fasilitas pelengkap pejalan kaki yang tidak memadai terutama untuk pejalan kaki berkebutuhan khusus, padahal aktivitas pejalan kaki di Daerah Pecinan yang didominasi oleh kegiatan perdagangan dan jasa sangat padat terutama pada jam puncak kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi perbaikan kinerja jalur pejalan kaki di Koridor Jalan Panglima Sudirman, Bangkalan. Analisis yang digunakan adalah analisis fasilitas penunjang jalur pejalan kaki, perhitungan level of service (LOS), analisis IPA dan analisis QFD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperlukan perbaikan kinerja jalur pejalan kaki pada masing-masing segmen dengan urutan prioritas yang telah ditentukan untuk meningkatkan kinerja jalur pejalan kaki Koridor Jalan Panglima Sudirman, Bangkalan.


Keywords


Kinerja; Jalur-Pejalan-Kaki; Perdagangan-dan-Jasa

Full Text:

PDF

References


Hendrawan, Christianto & Dwisusanto, Yohanes Basuki. 2018. Konsep Active Living dalam Perancangan Jalur Pedestrian Studi Kasus: Jalan L.L.R.E. Martadinata (Riau), Bandung, Jawa Barat.

Iswanto, Danoe. 2006. Pengaruh Elemen-Elemen Pelengkap Jalur Pedestrian terhadap Kenyamanan Pejalan Kaki. ENCLOSURE, 5 (1). pp. 21-29. ISSN 1412-7768.

Kabar Harian Jawa Timur Tahun 2019 Tentang Pengguna Jalur Pejalan Kaki

Limpong, Royke. Sendow, Theo & Jansen, Freddy. 2015 Pemodelan Fasilitas Arus Pejalan Kaki Trotoar). Jurnal Sipil Statik Vol.3 No.3 (212-220) Issn: 2337-6732.

Tamin, Ofyar, Z. 2000. Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Bandung, Indonesia: Penerbit ITB Tata Cara Perencanaan Lansekap Jalan oleh Dirjen Bina Marga No: 033/T/BM/1996)

Peraturan Menteri PU No 3 Tahun 2014, Pedoman Perencanaan, Penyediaan, Dan Pemanfaatan Prasarana Dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki

Peraturan Menteri No 34 Tahun 2014 Tentang Marka Jalan

Undang-undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.