STRATEGI PENGEMBANGAN PELAYANAN BUS SEKOLAH KABUPATEN TULUNGAGUNG (STUDI KASUS: TRAYEK TULUNGAGUNG-NGUNUT DAN TULUNGAGUNG-BANDUNG)

Mohammad Iskandar Zulkarnain, Septiana Hariyani, Deni Agus Setyono

Abstract


Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu kabupaten yang cukup serius dalam menyediakan bus sekolah sebagai moda transportasi umum. Permasalahan yang ditemukan dan menjadi dasar penelitian adalah terdapat bus sekolah yang belum sesuai dengan Standar Operasional Prosedur angkutan sekolah, pelayanan bus sekolah Kabupaten Tulungagung belum pernah dievaluasi berdasar kinerja pelayanan dan kinerja operasionalnya, masyarakat Kabupaten Tulungagung belum sepenuhnya mengetahui keberadaan pelayananan bus sekolah beserta trayeknya, terdapat pemanfaatan bus sekolah selain sebagai angkutan siswa sekolah, dan pemanfaatan media sosial yang belum maksimal. Penelitian dilaksanakan pada 2 unit bus sekolah dengan trayek yang berbeda berdasar perbedaan karakteristik bus yang mewakili karakteristik bus lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja operasional menggunakan analisis faktor muat, waktu tunggu penumpang, jumlah penumpang, dan kecepatan perjalanan, mengevaluasi kinerja pelayanan menggunakan analisis tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan, serta menyusun strategi pengembangan pelayanan menggunakan analisis SWOT dan IFAS-EFAS. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa 2 unit bus pada dua trayek yang berbeda memiliki nilai faktor muat yang belum sesuai, terdapat atribut tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan yang perlu ditingkatkan, dan perlunya perbaikan terhadap permasalahan pada atribut IPA yaitu kebersihan kendaraan, kondisi yang penuh atau sesak, ketersediaan tempat duduk, informasi waktu kedatangan bus, dan ketepatan atau kepastian jadwal kedatangan dan keberangkatan bus untuk trayek Tulungagung-Ngunut, serta perbaikan terhadap masalah kondisi yang penuh atau sesak dan ketersediaan tempat duduk untuk trayek Tulungagung-Bandung.


Keywords


Bus-Sekolah-Kabupaten-Tulungagung; Kinerja-Operasional; Kinerja-Pelayanan; Strategi-Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Aprilia, Karlina dan Ghozali, Imam. 2013. Teknik Penyusunan Skala Likert (Summated Scales). Semarang: Penerbit Fatawa Publishing.

Deb, S. et al. 2018. Determining the service quality of the city bus service based on user’s perceptions and expectations. Travel Behaviour and Society 12.

Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor 687 Tahun 2002 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur.

Kusuma, O. W. A. 2015. Evaluasi Program Bus Sekolah di Kota Surabaya. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik 3 (2)

Mustafa, Zainal. 2013. Mengurai Variabel Hingga Instrumentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Noor, H. M. et al. 2014. Determinants of Customer Satisfaction of Service Quality: City bus service in Kota

Kinabalu, Malaysia. Procedia-Social and Behavioral Sciences 153.

Peraturan Jenderal Perhubungan Darat Nomor: SK.967/AJ.202/DRDJ/2007 tentang Pedoman Teknis Pengelenggaraan Angkutan Sekolah Direktur Jenderal

Perhubungan Darat.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 98 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek.

Prasetyo, Tony. Ludfi Djakfar. Sobri Abusini. 2015. Evaluasi dan Potensi Pengoperasian Bus Sekolah (Studi Kasus: Bus Halokes Kota Malang). Jurnal Media Teknik Sipil 13 (2) 185-192.

Riawan, Weldy Anugra. 2018. Analisis Pelayanan Bus Rapid Transit Kapasitas Sedang pada Sistem Transportasi Perkotaan. Warta Penelitian Perhubungan 30 (2018) 119-132.

Rusli, Sofyan M Saleh, dan Renni Anggaini. 2018. Analisis Pelayanan Angkutan Umum Minibus Jumbo Trayek Kota Langsa-Kota Lhokseumawe. Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan 1 (2) 30-38.

Safe, Yohanes T. et al. 2015. Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Trayek Terminal Oebobo-Terminal Kupang PP dan

Terminal Kupang-Terminal Noelbaki PP. Jurnal Teknik Sipil 4 (1).

Sakellarioua, A. et al. 2017. Identification of quality indexes in school bus transportation system. Procedia- Transportation Research 24.

Suhendra, A., & Prasetyanto, D. 2016. Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Trans Metro Bandung Koridor 2

Menggunakan Pendekatan Infortance-Performance Analysis.

Rekaracana Jurnal Online Institut Teknologi Nasional.

Susilowati, et al. 2011. Kajian Kinerja Angkutan Umum dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) pada

Kawasan Industri Marmer di Kabupaten Tulungagung. Jurnal

Rekayasa Sipil 5 (3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.