KUALITAS VISUAL KORIDOR JALAN VETERAN, KOTA SURABAYA

Dimas Reza Mahendra, Deni Agus Setyono, I Nyoman Suluh Wijaya

Abstract


Koridor Jalan Veteran Kota Surabaya merupakan salah satu bagian dari Kawasan Kota Lama Surabaya. Koridor Jalan Veteran yang dulunya disebut Societeit Straat memiliki deretan bangunan dengan keanekaragaman arsitektur peninggalan kolonial Belanda dari tahun 1870 hingga tahun 1940. Bangunan-bangunan bersejarah inilah yang membuat identitas Jalan Veteran sebagai salah satu koridor jalan yang ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya oleh Pemerintah Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas visual dari Koridor Jalan Veteran Kota Surabaya berdasarkan dari preferensi masyarakat menggunakan teori dari Kevin Lynch (1960) mengenai Urban Form Qualities. Teori tersebut mengemukakan terdapat 10 variabel yaitu keistimewaan, kesderhanaan, dominansi, kejelasan antar persimpangan, petunjuk pembeda, bidang pandang, serial waktu, pengarah pergerakan, serta nama dan makna. Penelitian ini menggunakan skala semantik diferensial untuk mengukur nilai kualitas visual secara keseluruhan dan menggunakan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui aspek yang paling berpengaruh terhadap terbentuknya kualitas visual di Koridor Jalan Veteran Kota Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan mengenai kondisi kualitas visual di Koridor Jalan Veteran Kota Surabaya memiliki nilai sebesar 3,34 yang merupakan besaran nilai yang cukup baik. Berdasarkan dari ke-10 variabel yang diujikan memiliki pengaruh sebesar 72,5% terhadap kondisi kualitas visualnya, serta ke-10 variabel secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terbentuknya kondisi kualitas visual di Koridor Jalan Veteran Kota Surabaya. Secara parsial, aspek yang memiliki pengaruh paling kuat terhadap terbentuknya kondisi kualitas visual adalah aspek kontinuitas dengan nilai sebesar 26,65% dari besaran pengaruh secara keseluruhan.

Keywords


Kualitas-Visual; Koridor-Jalan-Veteran; Skala-Semantik-Diferensial; Regresi-Linear-Berganda

Full Text:

PDF

References


Lynch, Kevin. 1960.The Image of The City. Massachusets. Massachusets Institute Of Technology Library.

Jessup, Helen. 1985. Dutch Architectural Visions of the Indonesian Tradition. Massachusets. Massachusets Institute Of Technology, Cambridge.

Kwanda, Timoticin. 2004. Desain Bangunan Baru Pada Kawasan Pelestarian di Surabaya. Surabaya. UK Petra.

Sandu, Siyoto. 2015. ‘Dasar Metodologi Penelitian’. Yogyakarta. Literasi Media Publishing.

Saadi A. M., Abdulrahman. 2017. A Conceptual Framework for Developing Urban Image in The Middle East and Arab World. Liverpool. University of Liverpool.


Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.