EVALUASI KESESUAIAN FASILITAS DAN AKSESIBILITAS ALUN-ALUN BATU BERDASARKAN KONSEP RAMAH DIFABEL

Izdihar Farah Hanun, Wulan Dwi Purnamasari, Wisnu Sasongko

Abstract


Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan rencana aksi global yang telah disepakati oleh negara-negara di dunia. Tujuan SDGs ke-11 adalah membangun kota dan permukiman inklusif, aman, tahan lama, dan berkelanjutan. Salah satu target dari tujuan tersebut yaitu pada tahun 2030 tersedia akses universal terhadap ruang-ruang publik yang aman, inklusif, mudah diakses, dan hijau, terutama bagi perempuan, anak-anak, manula dan orang dengan disabilitas. Kota Batu merupakan salah satu kota di Indonesia yang sudah mulai menerapkan prinsip-psinsip pembangunan berkelanjutan pada sektor pariwisata. Salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan adalah Alun-Alun Batu. Selain itu, Alun-Alun Batu juga berperan sebagai ruang publik yang digunakan untuk menampung aktivitas masyarakat. Dengan diterapkannya aksi SDGs, ruang publik yang terdapat di perkotaan, dalam hal ini Alun-Alun Batu harus ramah bagi penyandang disabilitas. Langkah yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan konsep universal design pada ruang publik dan standar penyediaan fasilitas menurut Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 14 Tahun 2017 tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis evaluatif, yaitu dengan cara menghitung kesesuaian fasilitas dan aksesibilitas Alun-Alun Batu bagi difabel. Berdasarkan hasil analisis didapatkan kesimpulan bahwa penyediaan fasilitas dan aksesibilitas Alun-Alun Batu berdasarkan kebijakan sudah berada dalam kriteria cukup, namun masih terdapat beberapa fasilitas yang memerlukan perbaikan atau penambahan.


Keywords


difabel; alun-alun; fasilitas-aksesibilitas

Full Text:

PDF

References


Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Jawa Timur.2013. Buku Bappeda: Potensi Kota Batu.

Carmona, M. T.2010.Public Places, Urban Spaces: The Dimensions of Urban Design.Italy. Elsevier.

Direktorat Jenderal Cipta Karya.2013.Profil Kota Batu Jawa Timur.

Freiser, W. F.2011.Universal Design Handbook. United States. Mc Graw Hill.

Mulyandari, H.2011.Pengantar Arsitektur Kota. Yogyakarta. Penerbit Andi.

National Disability Authority.2020.Definition and Overview Universal Design. Irlandia. National Disability Authority.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 14 Tahun 2017 tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 5 Tahun 2008 Tentang Tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan.

Reefani, N.2013.Panduan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta. Imperium.

Sasongko, W., Kurniasanti, R., & Siregar, J.The development concept of Taman Aloon-Aloon Tulungagung based on visual accessibility, diversity of activities and perception of users.IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science 70 (2017) 012063.

Solider.2014.Lokasi Wisata Kota Batu Minim Akses Untuk Difabel. Batu. Solider.

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

Widinarsih, D.2019.Penyandang Disabilitas di Indonesia: Perkembangan Istilah dan Definisi. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, Jilid 20 Nomor 2, 27-142.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.