PENGARUH SEBARAN TUTUPAN LAHAN TERHADAP TEMPERATURE HUMIDITY INDEX DI KOTA BATU

Galang Prasasti Al Ayubi, Kartika Eka Sari, Adipandang Yudono

Abstract


Penetapan Kota Batu sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang pada tanggal 10 Oktober 2001 membuat Kota Batu berkembang pesat pada sektor pariwisata dan agropolitan. Perkembangan tersebut mendorong adanya perubahan tutupan lahan yang disebabkan dari kebutuhan lahan untuk pembangunan. Perubahan lahan tersebut menyebabkan berkurangnya lahan vegetasi yang tergantikan lahan terbangun. Vegetasi merupakan lahan yang dapat mempengaruhi nilai dari Temperature Humidity Index (THI) (Susanti et al, 2006). Dalam penelitian ini untuk mengetahui adanya perubahan lahan dan juga THI. Berdasarkan data THI dan tutupan lahan yang telah diperoleh akan digunakan untuk mencari keterkaitan dan pemodelan dengan pendekatan regresi linier berganda. Berdasarkan model tersebut akan didapatkan keterkaitan tutupan lahan terhadap sebaran THI di Kota Batu. berdasarkan analisis regresi linier berganda dapat diketahui klasifikasi tutupan lahan apa yang memiliki pengaruh terhadap sebaran THI di Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengindraan jarak jauh (remote sensing) dalam pengumpulan datanya. Berdasarkan hasil pemodelan tutupan lahan yang berpengaruh pada THI adalah badan air, vegetasi lebat, dan vegetasi jarang dengan penulisan model yaitu Y = 30,634 - 33.640 (X1) – 4.006(X2) – 10.007 (X3). Dimana Y (THI rata-rata), X1 (badan air), X2 (vegetasi jarang), dan X3 (vegetasi rapat).


Keywords


THI; Tutupan-lahan; Regresi

Full Text:

PDF

References


Andani, Haniah, & Sasmito. 2018. Pengaruh Perubahan Tutupan Lahan Terhadap Fenomena Urban Heat Island Dan Keterkaitannya Dengan Tingkat Kenyamanan Termal (Temperature Humidity Index) Di Kota Semarang. Jurnal Geodesi, 5.

Chafid Fandeli, Kaharuddin, Mukhlison. 2004. Perhutanan kota. Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada : Yogyakarta, 2004.

Darlina, Sasmito, & Yuwono. 2018. Analisis Fenomena Urban Heat Island Serta Mitigasinya (Studi Kasus : Kota Semarang). Jurnal Geodesi, 7.

Emmanuel, R. 2005. Thermal comfort implications of urbanization in a warm-humid city: the Colombo Metropolitan Region (CMR), Sri Lanka. Building and Environment, 1591–1601.

Effendy, S. (2007) Keterkaitan Ruang Terbuka Hijau dengan Urban Heat Island Wilayah Jabotabek, Disertasi: Institut Pertanian Bogor. Bogor (ID), p. 127

Gunawan, C. (2019). Regresi Linear Berganda Tutorial SPSS Lengkap. Sukabumi: Skripsi Bisa.

Laurie, M. 1986. Pengantar Kepada Arsitektur Pertamanan (terjemahan). Intermata, Bandung

Lufilah, S. N., Sulistyantara, B., & Makalew, A. D. 2017. Pemanfaatan Citra Landsat 8 Untuk Analisis Indeks Vegetasi di Jakarta. Jurna Lanskap Indonesia, 73.

Malingreau, J.P. 1997 Penggunaan Lahan Pedesaaan Penafsiran Citra Untuk Inventarisasi dan Analisisnya. Yogyakarta : PUSPICS. UGM.

Nieuwolt, S. 1977. Tropical Climatology: An Introduction to the Climates of Low Latitudes. London: Cambridge University Press.

Roziqin, A., & Gustin, O. 2017. Pemetaan Perubahan Garis Pantai Menggunakan Citra Penginderaan Jauh di Pulau Batam. IRONS, 296-297.

Sampurno, R. M., & Thoriq, A. 2016. Klasifikasi Tutupan Lahan Menggunakan Citra Landsat 8 Operational Land Imager (OLI) Di Kabupaten Sumedang. Jurnal Teknotan, 65-67.

Sitanggang, Gokmaria.2008. Teknik dan Metode Fusi (Pansharpening) Data ALOS (AVNIR-2 dan PRISM) untuk Identifikasi Penutup Lahan/Tanaman Pertanian Sawah. Majalah Sains dan Teknologi Dirgantara Vol.3. No 1 Hal. 33-49

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Susanti, I., Harjana, T., & Pengantar, A. (2006). Aspek Iklim dalam Perencanaan Tata Ruang. Edisi IPTEK, 8.

Soenarmo, S.H. 2009. Penginderaan Jauh dan Pengenalan Sistem Informasi Geografi Untuk Bidang Ilmu Kebumian. Bandung : Penerbit ITB

Wang, M., Wright, J., & Bro, A. 2016. A comparison of approaches to stepwise regression on variables sensitivities in building simulation and analysis. Energy and Buildings, 313-326.

Waskito, R., & Sigit, A. A. (2018). Analisis Pengaruh Perubahan Penutup Lahan Terhadap Sebaran Suhu Permukaan di Kota Batu Pada Tahun 2002 Dan 2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Yunus, Hadi Sabari. 1994. Teori dan Model Struktur Keruangan Kota. Yogyakarta: Fakultas Geografi UGM


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.