ARAHAN PENATAAN VISUAL BANGUNAN DI JALAN PANGGUNG SURABAYA

Gema Iftitah Ramadhanti, Kartika Eka Sari, Johannes Parlindungan

Abstract


Jalan Panggung merupakan kawasan cagar budaya yang termasuk kedalam Kawasan Pecinan Kembang Jepun. Karakteristik guna lahan Jalan Panggung sejak masa kolonial ialah zona permukiman dan perdagangan dan jasa dimana berjajar bangunan rumah toko khas arsitektur Cina di sepanjang koridor. Seiring perkembangan zaman serta dinamika kegiatan masyarakat yang semakin kompleks dan beragam, mempengaruhi perkembangan fasade bangunan ke arah gaya arsitektur yang lebih modern. Saat ini, terdapat bangunan yang mengalami perubahan fasade dan tidak sesuai dengan tampang bangunan asli sehingga menurunkan karakteristik visual kawasan. Penelitian ini menggunakan tipologi bangunan untuk mengidentifikasi bangunan asli dan bangunan yang mengalami perubahan untuk selanjutnya dinilai tingkat dampak visual perubahannya menggunakan Visual Impact Assessment. Hubungan kedua analisis ini akan digunakan sebagai dasar dalam menyusun arahan penataan visual bangunan di Jalan Panggung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat perubahan bangunan sebesar 52%, Tingkat Dampak Visual tertinggi yaitu pada Segmen 1-B dan 4-B sehingga menjadi segmen prioritas penataan visual. Arahan penataan visual bangunan berupa mengembalikan bentuk, bahan dan warna elemen fasade bangunan beserta detail ornamen menyesuaikan karakter bangunan asli.


Keywords


Tipologi-Bangunan; Penilaian-Dampak-Visual; Tingkat-Perubahan-Visual

Full Text:

PDF

References


Dipta, Andreas A. P. 2015. Karakteristik Ruang Koridor Jalan Panggung Pecinan Kembang Jepun Surabaya Sebagai Koridor Wisata Urban Heritage. THESIS. Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Yogyakarta.

Kurniawan, Eddi Basuki, dkk. 2017. Identifikasi Tingkat Perubahan Kawasan Bersejarah Menggunakan Visual Impact Assessement dan Tipologi Bangunan di Koridor Jalan Ijen, Malang. Seminar Nasional Arsitektur dan Tata Ruang (SAMARTA) Bali-2017, ISBN 978-602-294-240-5.

Leksono, Debby Ayu. 2018. Perancangan Heritage Center Pada Kawasan Pecinan Ketandan Sebagai Fasilitas Untuk Menampilkan Sejarah Kawasan. Jurusan Arsitektur. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Moedjiono, 2011. Ragam hias dan warna sebagai simbol dalam arsitektur Cina. Modul Vol. 11 No.1 Januari. ISSN: 08532877

Smardon, Richard C., Palmer James E. and Felleman John P. 1986. Foundation for Visual Project Analysis. Syracuse: New York.

Zubaidi, Nada Cholid dkk. 2015. Karakteristik Fasade Bangunan untuk Pelestarian Koridor Jalan Panggung Surabaya. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya. Vol 3, No 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.