KONSEP PENATAAN REKLAME DI KORIDOR JALAN JENDRAL BASUKI RAHMAT KOTA MALANG

David Satria Satyahusada, Eddi Basuki Kurniawan, Wulan Dwi Purnamasari

Abstract


Reklame merupakan suatu media yang bertujuan komersil untuk menarik perhatian umum pada suatu barang atau jasa. Reklame yang terpasang sepanjang Koridor Heritage Jalan Jendral Basuki Rahmat Kota Malang muncul akibat adanya aktifitas perekonomian yang memudahkan para penjual untuk memberikan informasi kepada umum. Identifikasi penataan reklame perlu dilakukan untuk mengetahui kesesuaian kondisi eksisting reklame di sepanjang Koridor Heritage Jalan Jendral Basuki Rahmat Kota Malang dengan tiga aspek penataan reklame. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, perhitungan daya tampung reklame, analisis evaluatif, dan analisis SWOT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini akan menggambarkan kondisi eksisting reklame yang terpasang sepanjang koridor dan akan dinilai kesesuaian reklame terpasang dengan standar yang telah ditentukan. Kesesuaian yang didapatkan analisis evaluatif akan dilanjutkan dengan analisis SWOT dengan memperhatikan letak elemen lainnya yang akan menjadi acuan dalam penyusunan konsep sebaran yang dilakukan dalam penelitian ini. Hasil survei menunjukan bahwa reklame yang terpasang pada kondisi eksisting belum sepenuhnya memenuhi aspek penataan reklame. Hal tersebut menunjukan perlu disusun konsep penataan reklame dengan memperhatikan perhitungan daya tampung reklame dan letak elemen lainnya agar tertata  dengan baik di sepanjang Koridor Heritage Jalan Jendral Basuki Rahmat Kota Malang.

Keywords


Reklame; Aspek-Penataan-Reklame; Daya-Tampung-Reklame; Konsep-Penataan; Koridor-Heritage

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakara: Pt Rineka

Cipta.

Branch, M.C. 1996. Perencanaan Kota Komprehensif Dan Pengantar Penjelasan. Gadjah Mada University.Natalivan, P. 1997. Pedoman Teknis Penataan Media Reklame Luar Ruang Di Kotamadya Daerah Tingkat Ii Bandung. Skripsi. Jurusan Perencanaan Wilayah Dan Kota. Institut Teknologi Bandung.

Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Pengelolaan Pertamanan Dan Dekorasi Kota

Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 148 Tahun 2017 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Reklame

Peraturan Meteri PU No. 20 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pemanfaatan Dan Penggunaan Bagian-Bagian Jalan

Peraturan Walikota Bandung Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Reklame

Peraturan Walikota Malang Nomor 27 Tahun 2015 Tentang Penataan Reklame

Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Reklame

Rangkuti, F. 2004. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Pt Gramedia. Jakarta.

Rizaldi. T. L. N. 2010. Pelestarian Lingkungan Dan Bangunan Kuno Bersejarah Kawasan Kayutangan Kota Malang. Jurnal Arsitektur. Universitas Brawijaya.

Rubenstein, H 1996. A Guide To Site Planning And Landscape Construction. Canada : John Wiley & Sond, Inc

Schwab, R. 1998. Safety And Human Factors; Design Considetations For On Premise Commercial Sign. Washington D.C: Internasional Sign Association

Subadyo. 2008. Pemanfaatan Lansekap Koridor Jalan Untuk Perancangan Kota Ekologis. Prosiding SeminarNasional Eco Urban Design, Potensi dan Tantangan Perencanaan Kota-Kota Indonesia Di Masa Depan. Universitas Diponegoro

Suswanto, D. 2009. Sistem Distribusi Tenaga Listrik : Hal 273-300


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.