PENETAPAN TARIF JALAN TOL PANDAAN-SINGOSARI BERDASARKAN KONDISI SOSIAL EKONOMI DENGAN PENDEKATAN ATP/WTP

Nur Hidayati, Budi Sugiarto Waloejo, Nailah Firdausiyah

Abstract


Penetapan tarif jalan tol seksi Pandaan-Singosari belum mempertimbangkan kemampuan bayar pengguna jalan tol dengan latar belakang kondisi sosial ekonomi yang beragam. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tarif ideal jalan tol Pandaan-Singosari berdasarkan kondisi sosial ekonomi pengguna dengan mempertimbangkan kemampuan bayar pengguna dan kesediaan bayar pengguna. Analisis yang digunakan yaitu analisis Ability To Pay (ATP), analisis Willingness To Pay (WTP), analisis Importance Performance Analysis (IPA) dan analisis fungsi penawaran dan fungsi permintaan. Hasil penelitian pada penetapan tarif jalan tol seksi Pandaan-Singosari setiap golongan jenis kendaraan berada dibawah tarif yang telah ditetapkan diawal. Tarif berdasarkan Ability To Pay (ATP) dan Willingness To Pay (WTP) pengguna pada golongan I yaitu Rp 800/km, golongan II yaitu Rp 1.050/km, golongan III yaitu Rp 1.000/km, golongan IV yaitu 1.725/km dan golongan V yaitu Rp 1.800/km. Rekomendasi perbaikan pelayanan didasarkan pada analisis Importance Performance Analysis yang disesuaikan dengan SPM Jalan Tol. Rekomendasi perbaikan dari hasil IPA tersebut diambil pada kuadran prioritas yaitu atrbiut yang dianggap penting bagi pengguna namun pelayanannya belum memuaskan. Adanya upaya perbaikan pada beberapa atribut tersebut membuat kemungkinan penambahan tarif, dikarenakan setiap peningkatan infrastruktur peka terhadap tarif sesuai dengan teori fungsi penawaran dan fungsi permintaan. Sehingga ada pemodelan fungsi penawaran untuk membuktikan sensitivitas tarif yang juga dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam penentuan kebijakan jalan tol Pandaan-Singosari. 


Keywords


Tarif tol; Ability-To-Pay; Willingness-To-Pay; IPA

Full Text:

PDF

References


Cahyono, H. 2017. Studi Potensi Pengguna Jalan Tol Malang-Pandaan. Jurnal Teknik Sipil ITN (5):41-43.

Djakfar, L. 2010. Studi Karakteristik dan Model Pemilihan Moda Angkutan Mahasiswa Menuju Kampus (Sepeda Motor atau Angkutan Umum) di Kota Malang. Jurnal Rekayasa Sipil (4):37-51.

Hasan, I. 2004. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Herfiana, S. 2017. Analisis ATP/WTP pada Renacana Jalan Tol Kraksaan-Banyuwangi Malang: Naskah Publikasi

Herry, T. 2015. Atribut Pelayanan Jalan Tol Dalam Peningkatan Kualitas Berkendara (Studi Kasus : Jalan Tol Makassar). Jurnal Konferensi Regional Teknik Jalan (13):4-11

Kementerian Ketenagakerjaan dan Badan Pusat Statistik. 2014. Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia (KBJI).Jakarta:BPS

KPPIP. 2016. Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas. Retrieved from kppip.go.id.

Liputan6. 2019. Pengusaha Truk Keluhkan Tingginya Tarif Tol Trans Jawa. Malang: Liputan6.

Parasuraman, A. 1990. Delivering Quality Service : Balencing customer Perception and Expectations. New York: The Free Press.

Rangkuti, F. 2006. Measuring Customer Satisfaction : Gaining Customer Relationship Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Republik Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah RI Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol

Rasyad, R. 1998. Metode Statistik Deskriptif. Jakarta:Grasindo.

Satriotomo, D. 2011. Efektifitas Layanan Jalan Tol Kota Semarang Dalam Memenuhi Kebutuhan Pengguna. Semarang: Naskah Publikasi

Setijowarno, D. 2005. Fakta Kebijakan Transportasi Publik di Indonesia. Semarang: Jaringan Masyarakat Peduli Keselamatan Transportasi Publik.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sumaryoto. 2010. Dampak Keberadaan Jalan Tol Terhadap Kondisi Fisik, Sosial, dan Ekonomi Lingkungannya. Jurnal of Rural and Development(1):161-168.

Suprayitno, B. 2012. Privatisasi Jalan Tol Sebagai Solusi Dalam Mempercepat Terwujudnya Infrastruktur Jalan Tol Yang Memadai Di Indonesia. Jurnal Economia (8):65-77.

Tamin, O. 1999. Evaluasi Tarif Angkutan Umum dan Analisis Ability To Pay (ATP) dan Willingnes To Pay (WTP) di DKI Jakarta. Jurnal Transportasi (1):121-139.

Tamin, O. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: ITB.

Wong, M. 2011. The Use of Importance Performance Analysis (IPA) in Evaluating Japan's e-Government Services. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Reasearch (6) :17-30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.