EVALUASI SISTEM BIKE-SHARING BERDASARKAN ASPEK PERMINTAAN DI KOTA BANDUNG

Ketut Daiva Pradnyawidya, Septiana Hariyani, Imma Widyawati Agustin

Abstract


Kemacetan di hampir seluruh ruas jalan umum di Kota Bandung dan polusi udara yang mencapai 60 (kategori sedang), membuat pemerintah Kota Bandung mengembangkan sistem bike-sharing sebagai solusi. BOSEH bike-sharing adalah sistem bike-sharing dikembangkan di Kota Bandung merupakan salah satu solusi untuk mengurangi masalah kemacetan dan polusi. Permasalahan yang dialami BOSEH antara lain mayoritas permintaan bike sharing tidak berulang, hanya menggunakan 1 kali dan tidak kembali lagi, dan jumlah permintaan bike sharing rendah, dengan rata-rata 2 pengguna pada hari kerja. Evaluasi dilakukan dengan mengidentifikasi karakteristik permintaan pengguna bike-sharing serta mengumpulkan penilaian kinerja dan kepentingan dari 199 sampel pengguna terhadap atribut dari sistem bike-sharing yang dianalisis menggunakan teknik Importance Performance Analysis (IPA). Indikasi dari penilaian pengguna terhadap  sistem bike-sharing, aspek sistem bike-sharing yang menjadi permasalahan adalah atribut kedekatan antara shelter terhadap titik aktivitas, cakupan area layanan sistem BOSEH, ketersediaan jalur sepeda, integrasi jalur sepeda, kelengkapan penanda pada jalur sepeda, keamanan jalur sepeda.


Keywords


bike-sharing; evaluasi-sistem; importance-performance-analysis.

References


Du, Minyang. 2018. Better Understanding the Characteristics and Influential Factors of Different Travel Patterns in Free-Floating Bike Sharing in Nanjing, China. MDPI: Nanjing.

Engels, J, M. 2016. How to Improve “Sepeda Kampus” Bicycle Sharing System. Center for Transportation and Logistic Studies: Universitas Gajahmada.

Fernández-Heredia, Á. 2014. Understanding cyclists’ perceptions, keys for a successful bicycle promotion. Transportation Research Part A, 1-11.

García-Palomares, J. 2012. Optimizing the location of stations in bike-sharing programs: A GIS approach. Applied Geography, 35, 235–246.

Loidl, M. 2014. Assessing bicycle safety in multiple networks with different data models. In: Vogler, R., Car, A., Strobl, J. & Griesebner, G. (eds.) GI-Forum Salzburg: Wichmann.

Loidl, M. 2019. A spatial framework for planning station-based bike-sharing system. European Transport Research Review.

O'Brien, O. 2013. Mining bicycle sharing data for generating insights into sustainable transport systems. Journal of Transport Geography.

Saraiva, P. 2017. Evaluating the Bicycle Sharing System in a Medium-Sized City Located in the South of Brazil. International Journal of Humanities and Social Science. ISSN 2220-8488 (Print), 2221-0989 (Online)

Shaheen, S., Guzman, S., & Zhang, H. 2010. Bikesharing in Europe, the Americas, and Asia: Past, present, and future. Transportation Research Record: Journal of the Transportation Research Board, 159–167.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Xin, F. 2018. Cyclist Satisfaction Evaluation Model for Free-Floating Bike Sharing System: A Case Study of Shanghai. Transportation Research: Sage

Yangyong, G. 2017. Identifying the factors affecting bike-sharing usage and degree of satisfaction in Ningbo, China. PLoS ONE 12(9):e0185100


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.