EVALUASI KESESUAIAN RUTE ANGKUTAN UMUM KOTA MALANG BERDASARKAN STRUKTUR RUANG KOTA MALANG

Punjung Azis Satria, Agus Dwi Wicaksono, Imma Widyawati Agustin

Abstract


Struktur ruang wilayah kota merupakan gambaran sistem pusat pelayanan kegiatan internal kota dan jaringan infrastruktur yang didalamnya terdapat aktivitas ekonomi dan interaksi sosial yang harus didukung oleh jaringan transportasi yang efisien. Seiring perkembangan kota maka kebutuhan akan transportasi meningkat pula, sehingga menyebabkan permasalahan transportasi menjadi sangat kompleks. Angkutan umum sebagai sarana angkutan umum massal adalah salah satu solusi dalam menangani maslaha transportasi dan pelayanannya harus disesuaikan dengan struktur ruang kota. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik rute angkutan umum dan struktur ruang Kota Malang, mengetahui kinerja angkutan umum Kota Malang dan menganalisis kesesuaian rute angkutan umum kota dengan struktur ruang Kota Malang. Metode yang digunakan adalah analisa kinerja angkutan umum berupa analisis loadfactor, headway dan travel time. Analisa spasial jaringan transportasi seperti analisis konektivitas dan analisis detour. Hasil dari penelitian ini antara lain terdapat 21 trayek aktif dari total 25 trayek angkutan umum Kota Malang. Terdapat 71% trayek sesuai dengan struktur ruang kota malang, namun masih terdapat rute yang tidak sesuai antara lain trayek ADL, AJH, AL, ASD, HM, dan TST atau 29% dari total trayek aktif (21 trayek) di Kota Malang. Pada trayek ADL dan AL dikatakan tidak sesuai dilihat dari waktu tempuh, headway dan tingkat Overlapping rute yang tinggi, hal ini dikarenakan jumlah demand yang banyak pada trayek ini yang dapat diihat dari loadfactor. Sedangkan pada trayek ASD merupakan rute yang terjelek atau kurang sesuai dilihat dari waktu tempuh yang lama, kecepatan rata rata yang rendah, rute yang kurang efisien, serta headway dan loadfactor yang rendah.

Keywords


rute; angkutan-umum; konektivitas; struktur-ruang-kota

Full Text:

PDF

References


Febrianti, Ana AD & Mashuri.Studi Kebutuhan Angkutan Umum Penumpang Perkotaan di Kota Palu : Studi kasus Trayek Mamboro – Manonda. Journal of Transportation Management and Engineering Volume II (1):34 – 45.

Kofi, G. E. (2010).Network based indicators for prioritising the location of a new urban transport connection Case study Istanbul Turkey.Enschede Penerbit ITC Netherlands

Nia K. Pontoh & Iwan Setiawan.2008.Pengantar Perencanaan Kota. Bandung. Penerbit ITB

Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Xie, F., & Levinson, D. Measuring the structure of road networks.Geographical Analysis.39(3):336–356.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.