KARAKTERISTIK DAN PERJALANAN WISATA DI KOTA BATU

Sheila Atikah Wicaksono, Imma Widyawati Agustin, Dadang Meru Utomo

Abstract


Kota Batu di Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu kota yang terkenal dengan banyak obyek wisatanya. Banyaknya wisatawan yang mengunjungi Kota Batu menyebabkan padatnya lalu lintas sehingga sering terjadi kemacetan karena sebagian besar wisatawan lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi daripada menggunakan angkutan umum. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui karakteristik dan perjalanan wisatawan di Kota Batu. Salah satunya dengan cara mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi wisatawan dalam menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi saat berwisata di Kota Batu. Faktor-faktor yang mempengaruhi wisatawan dalam penelitian ini diketahui dengan menggunakan metode analisis faktor konfirmatori. Sub Variabel yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada penelitian sebelumnya. Analisis faktor konfirmatori dalam penelitian ini menghasilkan faktor yang mempengaruhi wisatawan dalam menggunakan angkutan umum yaitu, (a) Kenyamanan, (b) Parkir, (c) Kepadatan Lalu Lintas, (d) Polusi udara dan (e) Sosialisasi. Sedangkan faktor yang mempengaruhi wisatawan dalam menggunakan kendaraan pribadi, yaitu (a) Keamanan, (b) Kepemilikan kendaran, (c) Kenyamanan, (d) Integrasi, (e) kecepatan, (f) Kesesuaian Lokasi Terminal, dan (g) Jadwal.

Keywords


Transportasi; Pariwisata; Wisatawan; Analisis-Faktor-Konfirmatori; Kota-Batu

Full Text:

PDF

References


Adelin, S. (2013). Studi Karakteristik Pelaku Perjalanan Dan Pergerakan.

Batu, B. P. (2015). Kota Batu Dalam Angka. Batu: Badan Pusat Statistik.

Batu, D. P. (2013). Tataran Transportasi Lokal Kota Batu. Kota Batu: Dinas Perhubungan Kota Batu.

Budiartha,N.(2011). Peranan Transportasi dalam Pariwisata, Studi Kasus : Pemilihan Daerah Tujuan Wisata (Dtw/Destinasi) Oleh Wisatawan Di Bali. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil , 15, 196.

Ferdiansyah,R.(2009). Kemungkinan Peralihan Penggunaan Moda Angkutan Pribadi Ke Moda Angkutan Umum Perjalanan Depok – Jakarta. 184.

Ghozali, I. (2011 ). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima) . Semarang : Umiversitas Diponegoro

Latan, H., & Ghozali, I. (2012). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro .

Pratikno, H. J. (2006). Analisis Intensitas Penggunaan Angkutan Penumpang Umum . 3.

Putra, A. N. (2015). Stated Preference Kebutuhan Angkutan Pariwisata Di Daerah Istimewa Yogyakarta. 3.

Sugiyono,P.D.(2014). Statistika Untuk Penelitian . Bandung: Alfabeta .

Sumarni. (2005). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Widhiarso, W. (2004). Evaluasi Faktor Dalam Big Five : Pendekatan Analisis Faktor Konfrmatori.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.