PEMODELAN PEMILIHAN MODA ANGKUTAN UMUM DI KOTA MATARAM

Indah Dwi Septami, Imma Widyawati Agustin, Dadang Meru Utomo

Abstract


Jumlah penumpang angkutan umum mengalami penurunan yang disebabkan pergeseran pengguna moda angkutan umum ke moda pribadi (mobil dan motor). Sehingga dalam penelitian ini dilakukan kajian identifikasi pemodelan pemilihan moda angkutan umum terhadap pengguna moda pribadi mobil dan motor di Kota Mataram. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel yang mempengaruhi pelaku perjalanan dan perjalanan pengguna moda mobil dan motor, serta pemodelan pemilihan moda angkutan umum dengan menggunakan kendaraan eksisting (motor dan mobil). Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis multinominal logit untuk mengetahui model pemilihan moda angkutan umum dengan moda eksisting (motor dan mobil). Hasil penelitian menunjukkan variabel yang berpengaruh terhadap pemodelan pemilihan moda ialah jarak, jenis pergerakan, kepemilikan kendaraan, pendapatan, lama pergerakan, struktur rumah tangga, keamanan, keselamatan, waktu antara, kebijakan pajak kendaraan, kebijakan biaya pembuatan SIM dan kebijakan biaya parkir. Sedangkan probabilitas pemilihan moda menunjukkan 10,09% pengguna kendaraan pribadi diharapkan pindah menggunakan angkutan umum jika pelayanan angkutan umum ditingkatkan dan berdasarkan peningkatan pelayanan serta kebijakan transportasi 82,71% pengguna kendaraan pribadi berpindah ke angkutan umum.

Keywords


angkutan-umum; pemilihan-moda; probabilitas

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Mataram. 2017. Kota Mataram dalam Angka 2017. Mataram. BPS.

Kawengian, Erlangga., Jansen, Freddy & Rompis, Samuel Y.R. 2017. Model Pemilihan Moda Transportasi Angkutan Dalam Provinsi. Jurnal Sipil Statik. 5(3):133-142.

Miro, F. 2005. Perencanaan Transportasi untuk Mahasiswa, Perencanaan dan Praktisi. Jakarta. Erlangga.

Rangkuti, Mulya Syoufrizha., Sugiri, Agung. 2014. Kajian Karakteristik Preferensi Penggunaan Moda Transportasi Pribadi dan Publik Kasus: Perjalanan Harian ke UNDIP Tembalang. Jurnal Teknik PWK Undip. 3(4):880-893.

Tamin, O. Z. 2000. Perencanaan, Pemodelan dan Rekayasa Transportasi (edisi kedua). Bandung. Penerbit ITB.

Umar, Husein. 2007. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.