EVALUASI KINERJA OPERASIONAL DAN PELAYANAN KERETA API PRAMBANAN EKSPRES DAN STASIUN RUTE YOGYAKARTA-SOLO

Devana Avivah, Imma Widyawati Agustin, Budi Sugiarto Waloejo

Abstract


Kereta Api Prambanan Ekspres (KA Prameks) merupakan kereta komuter yang memiliki rute Yogyakarta ke Solo dan sebaliknya. KA Prameks merupakan kereta ekonomi bersubsidi, menawarkan tarif hanya Rp 8000 sehingga diminati kalangan penglaju (komuter) dengan rata-rata 9.447 penumpang/hari. Namun KA Prameks serta Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Solobalapan sebagai stasiun awal dan akhir masih memiliki beberapa permasalahan seperti volume penumpang melebihi kapasitas, waktu perjalanan tidak sesuai dengan jadwal, fasilitas pelayanan yang tidak sesuai standar. Tujuan penelitian terhadap KA Prameks adalah untuk menganalisis kinerja operasional, kinerja pelayanan berdasarkan persepsi penumpang, dan menyusun prioritas arahan program peningkatan kinerja operasional kereta api berdasarkan standar, serta kinerja pelayanan kereta api dan Stasiun berdasarkan persepsi stakeholder. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode analisis load factor, headway, dan travel time untuk kinerja operasional, analisis kinerja pelayanan menggunakan metode IPA (Importance-Performance Analysis), dan arahan program peningkatan kinerja operasional dan pelayanan KA Prameks diurutkan sesuai prioritasnya menggunakan metode AHP (Analytic Hiearchy Process). Hasil analisis menunjukkan urutan prioritas 5 teratas arahan peningkatan adalah peningkatan keteraturan jadwal perjalanan KA Prameks, penambahan jumlah perjalanan, penambahan kapasitas angkut, pengoptimalan penyampaian informasi stasiun melalui audio, pengoptimalan pemberitahuan informasi gangguan perjalanan kereta api maksimal 30 menit setelah terjadi gangguan.


Keywords


Kinerja-Operasional-KA; Kinerja-Pelayanan-KA-dan-Stasiun; Importance-Performance-Analysis; Analytic-Hierarchy-Process

References


Achadiyah, I. R., Kurniawan, E. B., & Hariyani, S.2012.Kinerja dan Rute Pelayanan Angkutan Kota di Kawasan Perkotaan Lumajang-Kabupaten Lumajang.Jurnal Tata Kota dan Daerah.2:9-17.

Agustin, I. W., & Waloejo, B. S.2018.The Effect of Trip Attraction Model of Land Use For Station On The Road’s Level of Service.Journal of Advanced Science Letters.24:2894-2898.

Ananda, R. R., Waloejo, B. S., & Ari, I. R.2017.Evaluasi Kinerja Operasional dan Pelayanan Kereta Api Penataran, Stasiun Gubeng, dan Malang Kota Baru. Malang. Universitas Brawijaya.

Hariyani, S.2017.School bus’s level of service in Malang City.IOP Conference Series: Earth and Environmental Science.70:012023. Malang.

Hariyani, S., Waloejo, B. S., & Adityasari, M.2020.Urban Transportation: Performance and Problems (Case Study: Route of ABG, CKL, and AT).2nd International Symposium on Transportation Studies in Developing Countries.25-30.

Nugraha, W. A.2017.Arahan Peningkatan Pelayanan Kereta Komuter Surabaya-Lamongan Berdasarkan Preferensi Masyarakat. Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Nuraini, K., Waloejo, B. S., & Agustin, I. W.2016.Evaluasi Kinerja Operasional dan Kinerja Pelayanan Kereta Api Komuter Rute Depok-Jakarta. Malang. Universitas Brawijaya.

Peraturan Menteri Perhubungan No. 63 Tahun 2019 Tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api.

Raniasta, Y. S.2016.Pengembangan Kawasan Stasiun Tugu Yogyakarta Berbasis Transit Dengan Pendekatan Aksesibilitas. Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada.

Riyanta, W.2013.Persepsi Penumpang Kereta Api Terhadap Tingkat Pelayanan Stasiun Tugu Yogyakarta. Yogyakarta. Universitas Atma Jaya.

Saaty, L. T.1993.Pengambilan Keputusan bagi para Pemimpin: Proses Hierarki Analitik untuk Pengambilan Keputusan dalam Situasi yang Kompleks. Jakarta. Pustaka Binaman Pressindo.

Sirait, H. V.2016.Analisis Kinerja Operasional Kereta Api Prambanan Ekspres (Rute Kutoarjo-Yogyakarta-Solo). Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada.

Surat Keputusan Dirjen Perhubungan Darat No 687 Tahun 2002 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

Waloejo, B. S., & Agustin, I. W.2017.How To Improve Service Performance of Commuterline in Jabodetabek: A Case Study of Depok to Jakarta Kota Route.IPTEK Journal of Proceedings Series.3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.