EVALUASI PENGEMBANGAN SEKTOR PERIKANAN PADA KAWASAN MINAPOLITAN PESISIR UTARA KABUPATEN GRESIK

Muhammad Iqbal Hadi Wibowo, Agus Dwi Wicaksono, Turniningtyas Ayu Rachmawati

Abstract


Evaluasi melalui penilaian kinerja minapolitan terdiri dari evaluasi pada kategori input, proses, output, outcome dan impact. Metode digunakan adalah metode analisis deskriptif-kualitatif dengan melakukan content analysis, analisis ekonomi wilayah, analisis kependudukan, analisis subsistem minapolitan dan analisis evaluasi program minapolitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan ekonomi wilayah berbasis perikanan dan produktivitas perikanan di Kabupaten Gresik mengalami kenaikan secara positif, sedangkan pada proporsi penggunaan lahan perikanan dan jumlah penduduk yang bermata pencaharian di sektor perikanan mengalami penurunan. Hasil dan kesimpulan penelitian Evaluasi Pengembangan Sektor Perikanan pada Kawasan Minapolitan Pesisir Utara Kabupaten Gresik adalah dengan menilai tujuh aspek yakni aspek kebijakan pengembangan sektor perikanan, aspek perkembangan perekonomian wilayah, aspek perkembangan penduduk di Kabupaten Gresik , aspek perkembangan produktifitas perikanan, dan aspek aktivitas sektor perikanan, kelima aspek ini mengalami peningkatan dalam periode tahun 2012-2016. Pada aspek penggunaan lahan yakni perubahan luasan lahan tambak di Kawasan Minapolitan pada periode 2012-2016 mengalami penurunan terutama di Kecamatan Sidayu. Sedangkan pada aspek evaluasi program minapolitan capaian pelaksanaan program pengembangan sektor perikanan pada kawasan minapolitan Kabupaten Gresik adalah sebesar 87,12% yakni pada kategori berkembang.

Keywords


Evaluasi; Minapolitan; Perikanan

Full Text:

PDF

References


Fathoni, A. (2006). Metodologi Penelitian dan Tenik Penyusunan Skripsi. Yogyakarta: DIVA Press.

Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 35/KEPMEN-KP/2013 tentang Penetapan Kawasan Minapolitan.

Kusnadi. (2016, Juli Senin). Kebudayaan Masyarakat Nelayan. Diambil kembali dari Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta, Dirjen Kebudayaan RI: http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/

Nasir. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia No.15 Tahun 2014 tentang Pedoman Umum Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan Minapolitan.

Sugiyono. (2016, Maret Selasa). Pelabuhan Internasional Mulai Dibangun, Ini Keluhan Nelayan dan Petani Tambak di Gresik.

Voluntary National Review. (2017). Sustainable Development Knowledge Platform of Indonesia. New York: Department of Economic and Social Affair of United Nation.

Zakiyah, D. M. (2014). Pengembangan Perikanan Budidaya: Efektivitas Program Minapolitan dalam Pengelolaan Perikanan Budidaya Berkelanjutan di Kabupaten Gresik. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota, 453-465


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.