EVALUASI KINERJA OPERASIONAL TRANSJAKARTA KORIDOR 1 DAN 8

Bella Julia Rizki Puteri Thani, Ismu Rini Dwi Ari, Dadang Meru Utomo

Abstract


BRT (Bus Rapid Transit) atau lebih dikenal dengan Transjakarta di Kota Jakarta merupakan salah satu cara pemerintah dalam mengatasi masalah kemacetan di DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kinerja operasional dari Bus TransJakarta Koridor 1 dan 8. Analisis yang digunakan meliputi analisis headway, load factor¸dan fasilitas pelayanan. Dari hasil analisis, didapatkan rata-rata headway di Koridor 1 dan 8 sebesar 7 menit yang artinya melebihi standar yang diteteapkan yaitu sebesar 1-3 menit. Nilai load factor pada Koridor 1 sebesar 135,16% dan di Koridor 8 sebesar 118,75% mengartikan nilai melebihi standar sebesar 80-90%. Terdapat pula beberapa fasilitas yang menunjang kesetaraan antar pengguna, yaitu transcare, tempat duduk prioritas, dan ruang tunggu prioritas. Untuk mengatasi tingginya nilai load factor diperlukan pengaturan jumlah bus yang beroperasi yaitu 75 bus di Koridor 1 dan 38 bus di Koridor 8.

Keywords


Transportasi; Transjakarta; headway; load-factor; fasilitas-pelayanan

Full Text:

PDF

References


Bolla, Margareth Evelyn. 2013. Analisis Kinerja Angkutan Umum Pada Rute Rencana Terminal. Jurnal The 16th FSTPT International Symposium, Hal: 246-247.

Badan Pusat Statistik DKI Jakarta. 2015. Penyandang Disabilitas DKI Jakarta. https://databoks.katadata.co.id/datapubli

sh/2017/02/09/jelang-debat-iii-jumlah-penyandang-disabilitas-di-dki-jakarta-capai-6-ribu-jiw

Christianto, Henry. 2005. Evaluasi Kinerja Operasi Busway Koridor 1 (Blok M- Kota) di Jakarta. Thesis Sipil UII Hal 22

Gunawan, Fergyanto E., & Kusnandar, Erwin. 2011. Evaluasi Keberhasilan TransJakarta Dibandingkan dengan Bus Rapid Transit (BRT) Kelas Dunia. Jurnal Jalan – Jembatan, Pusat Litbang Jalan dan Jembatan, Vol. 28, No.2, Hal: 8-13.

Morlok, E. K. 1985. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga.

Nailufar, Nibras Nada. 2016. Transjakarta Cares, Upaya Menyediakan Transportasi bagi Warga Difabel dan Lansia. https://megapolitan.kompas.com/read/2016/11/17/08203351/transjakarta.cares.upaya.menyediakan.transportasi.bagi.warga.difabel.dan.lansia (Diakses: 8 Mei: 2018)

Pergub DKI Jakarta No. 35 Tahun Tentang SPM TransJakarta-Busway

PT. TransJakarta. 2017. https://transjakarta.co.id/tentang-transjakarta/sejarah/ (Diakses: 8 Mei 2018)

Taniasi, Wizi Dewi. 2012. Analisis Frekuensi Kedatangan Bus TransJakarta di Waktu Sibuk dan Tidak Sibuk. Jurnal INASEA Vol. 13 No. 2, Hal: 141-154.

UU No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Widyaningtias, Barid Nibras. 2014. Sistem Informasi Geografis Untuk Pengkajian Efektivitas Halte Transjakarta Koridor 10 Rute Tanjung Priok – Cililitan Pgc, Jakarta. Jurnal Bumi Indonesia Vol. 3 No. 3, Hal: 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.