IDENTIFIKASI AKTIVITAS PENGGUNAAN RUANG PUBLIK DI PERMUKIMAN KAMPUNG PUSAT DAN PINGGIRAN KOTA MALANG

Oktavia Indah Rudinanda, Wulan Dwi Purnamasari, I Nyoman Suluh Wijaya

Abstract


Kondisi kepadatan penduduk Kota Malang yang mencapai 7.735 Km2 termasuk cukup tinggi dan mengakibatkan munculnya wilayah-wilayah dengan kepadatan tinggi yang termasuk dalam klasifikasi kampung kota. Hal tersebut berpengaruh terhadap ketersediaan ruang-ruang terbuka atau ruang publik yang digunakan untuk aktivitas masyarakat. Sampai saat ini masih belum ada upaya dalam menanggulangi kurangnya ketersediaan ruang publik pada permukiman padat dimana ruang-ruang yang ada cenderung dimanfaatkan sebagai hunian. Selain itu, tidak adanya batas yang jelas pada ruang publik permukiman padat membuat mudahnya muncul permasalahan/konflik sosial di masyarakat (Mastutie, et al, 2016). Permasalahan-permasalahan yang terjadi pada permukiman padat atau kampung, terutama pada penggunaan ruang publik menunjukkan perlu adanya kajian lebih lanjut. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian untuk mengidentifikasi karakteristik kampung dan aktivitas apa saja yang dilakukan oleh masyarakat di ruang publik permukiman kampung pusat dan pinggiran Kota Malang. Metode yang dilakukan untuk mengidentifikasi bagaimana karakteristik masing-masing kampung kota dan mengidentifikasi aktivias yang dilakukan pada ruang publik menggunakan statistik deskriptif dan teknik behavior mapping. Hasil identifikasi karakteristik menunjukkan bahwa jumlah penduduk kampung yang tinggi berpengaruh terhadap penggunaan lahan yang ada di wilayah tersebut. Selain itu untuk aktivitas yang dilakukan masyarakat cenderung aktivitas fisik yang mencerminkan aktivitas sosial karena pengguna ruang yang melakukan aktivitas lebih dari satu atau berkelompok.


Keywords


Kota-Malang; Kampung-Kota; Ruang-Publik

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2016). Kota Malang dalam Angka Tahun 2016. Malang: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik. (2015). Kota Malang dalam Angka Tahun 2015. Malang: Badan Pusat Statistik.

Fauzi, Hendri. (2014). Keberagaman Penggunaan Ruang Publik Permukiman di Atas Air Berkepadatan Tinggi. Jurnal Ruas. Volume 12 (1). ISSN 1693-3702.

Mastutie, et al. (2016). Model Ruang Publik Permukiman Padat Kota di Kawasan Pesisir. Temu Ilmiah IPLBI 2016.

Raisya, Nursyahbani dan Bitta. (2015). Kajian Karakteristik Kawasan Permukiman Kampung Kumuh di Kampung Kota. Jurnal Teknik PWK Volume 2. Hal 1.

Sekaran, Uma. (1992). Research Methods for Business. Third Edition. Southern Illionis University.

Siahaan, James. 2010. Ruang Publik : Antara Harapan dan Kenyataan, Buletin Tata Ruang, Edisi IV (Juni-Juli 2010). Hal 11-16. Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.