FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI WISATAWAN DI OBJEK WISATA KABUPATEN SUMENEP

Laras Tri Ayu Safitri, Agus Dwi Wicaksono, Chairul Maulidi

Abstract


Kabupaten Sumenep merupakan kabupaten yang memiliki berbagai macam potensi objek wisata, baik objek wisata alam, wisata budaya dan wisata buatan. Pemerintah Kabupaten Sumenep sedang mengembangkan
objek wisata diantaranya dengan cara mengkonsep Tahun Kunjungan Wisata Sumenep 2018 yang diharapkan dapat memotivasi calon wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Sumenep. Motivasi wisatawan untuk
berkunjung ke objek wisata akan sangat dipengaruhi oleh persepsinya mengenai produk wisata yang ada, baik yang berkaitan dengan atraksi wisata maupun faktor pendukungnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengidentifikasi persepsi wisatawan terhadap motivasi wisata di Kabupaten Sumenep dengan menggunakan metode kualitatif berupa penilaian persepsi wisatawan terhadap motivasi dalam mengunjungi objek wisata di
Kabupaten Sumenep yang terbagi menjadi persepsi wisatawan terhadap motif, persepsi wisatawan terhadap produk wisata, persepsi wisatawan terhadap jasa/pelayanan wisata dan analisis faktor. Adapun hasil dari
penelitian adalah nilai rata-rata indeks motivasi wisatawan di Kabupaten Sumenep sebesar 50% - 82,47% dengan klasifikasi motivasi kuat. Sedangkan hasil analisis faktor yaitu prioritas motivasi wisatawan berbeda
berdasarkan tipe karakteristik wisatanya. Seperti pada objek wisata alam, faktor terbesar yang mempengaruhi motivasi wisatawan adalah faktor penawaran wisata, pada objek wisata budaya, faktor terbesar yang
mempengaruhi motivasi wisatawan disebabkan oleh faktor kebutuhan pokok dan pada pada objek wisata buatan, faktor terbesar yang mempengaruhi motivasi wisatawan disebabkan oleh faktor motif.


Keywords


Motivasi; wisatawan; analisis-faktor

Full Text:

PDF

References


Adiakurnia, M. I. (2017, Desember 6). Catat Agenda Wisata Sumenep 2018 Sebelum Berlibur ke Madura. Retrieved November 3, 2018, from Kompas.com: http://travel.kompas.com

Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Sumenep. 2017. Pengunjung Daya Tarik Wisata di Kabupaten Sumenep Tahun 2017. Sumenep: DISBUDPARPORA.

Noer, C. H. (2016, Desember 7). Rencana Tahun Wisata SUmenep 2018: Jalan Sinergi. Retrieved Oktober 29, 2018, from Antara News Jawa Timur: http://jatim.antaranews.com

Riduwan, D. M., & Kuncoro, S.E., M.M, D. A. (2008). Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.

Santoso, Singgil. 2017. Statistik Multivariat dengan SPSS. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Soekadijo, R. G. (1997). Anatomi Pariwisata: Memahami Pariwisata Sebagai Systematic Linkage. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Suharso, T. W. (2009). Perencanaan Obyek Wisata dan Kawasan Pariwisata dalam Konteks Penataan Ruang. Malang: PPSUB.

Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Ofset.

Warpani, S. P. (2007). Pariwisata dalam Tata Ruang Wilayah. Bandung: ITB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.