EVALUASI KINERJA TERMINAL TIPE B DI KABUPATEN LAMONGAN

Abid Naufal Hilmy, Septiana Hariyani, Budi Sugiarto Waloejo

Abstract


Terminal Lamongan merupakan terminal angkutan umum yang menjadi salah satu titik simpul transportasi bagi masyarakat Kabupaten Lamongan. Terminal Lamongan memiliki kelas atau tipe sebagai terminal penumpang tipe B dengan luas keseluruhan 8.661m². Namun dalam pelaksanaannya terdapat permasalahan masih belum berfungsi dengan optimal dan belum lengkapnya fasilitas pada pelayanan maupun operasional di Terminal Lamongan, yang terbukti menyebabkan tren menurunnya jumlah penumpang terminal dalam tiga tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun arahan dan prioritas perbaikan kinerja operasional dan kinerja pelayanan Terminal Lamongan. Metode yang digunakan untuk kinerja operasional yang ditinjau adalah fasilitas terminal, lokasi, headway, load factor, waktu antrean, dan sirkulasi terminal sedangkan kinerja pelayanan menggunanakan analisis IPA (Importance Performance Analysis) yang menghasilkan atribut prioritas penanganan dan analisis QFD (Quality Function Deployment) yang menghasilkan arahan dan prioritas perbaikan peningkatan kinerja operasional dan pelayanan terminal. Hasil penelitian berupa strategi perencanaan arahan rekomendasi perbaikan tersebut diantaranya yaitu menyediakan papan informasi dan jadwal kendaraan umum ditempat strategis, menyediakan pos kesehatan sesuai protokol kesehatan Covid-19, menyediakan fasilitas difabel, memperbaiki ruang tunggu penumpang, menyediakan fasilitas gangguan perjalanan angkutan, menyediakan area merokok, memperbaiki fasilitas kamar mandi, menyediakan loket bus, memperbaiki alat pemadam kebakaran, memperbaiki fasilitas keselamatan jalan, memisahkan ruang antar pengguna dan kendaraan, serta mempercepat waktu pelayanan kendaraan umum di Terminal Lamongan.

Keywords


Terminal-Penumpang-Tipe-B; Kinerja-Operasional; Kinerja-Pelayanan; Analisis-IPA; Analisis-QFD

Full Text:

PDF

References


Anggraini, L. D., Deoranto, P., & Ikasari, D. M. 2015. Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index.

Astanto, T. Y. 2017. Evaluasi Kinerja Terminal Kertonegoro Kabupaten Ngawi. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Malang: Universitas Brawijaya.

Bertaryanto, Danariawan & Setiawan, Andry. 2013. Evaluasi Kinerja Terminal Tipe B Mojosari Mojokerto. Jurnal Teknik Sipil. Malang: Universitas Brawijaya.

Departemen Perhubungan Republik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Minimal Terminal Angkutan Umum. Jakarta: Kementerian Perhubungan RI.

Fransisco, N. 2015. Kajian Kinerja Pelayanan Terminal Angkutan umum (studi kasus: Terminal Becora Dili Timor Leste). Media Teknik Sipil. ISSN, 1693-3095, 69-78.

Idris, Z. 2009. Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Angkutan Umum di DIY. Dinamika Teknik SIpil Vol. 9 No.2, 189-196.

Morlok, E. 1998. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Terjemahan Judul asli Introduction to Transportation Engineering and Planning. (J. K. Putra, Trans.) Jakarta: Erlangga.

Sedayu, A. 2014. Target Peningkatan Pelayanan Terminal Purwosari Kediri dengan Metode IPA dan QFD. Eco Rekayasa, Vol.10/No.1/Maret 2014, 7-16.

Silva, Nelson Francisco; Sulistio, Harnen; Abusini, Sobri, 2015 Kajian Pelayanan Terminal Angkutan Kota. Media Teknik Sipil. Vol X.

Subana, Sudrajat, 2005. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.