KEPUASAN TERHADAP PEMANFAATAN GAS METANA DI TPA TLEKUNG SEBAGAI PENGGANTI BAHAN BAKAR GAS

Windhasari Retno Palupi, Kartika Eka Sari, Septiana Hariyani

Abstract


Indonesia merupakan negara ke empat yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia. Semakin meningkatnya jumlah penduduk maka sampah yang dihasilkan akan meningkat. Proses akhir dari rangkaian penanganan sampah yang biasa dijumpai di Indonesia dilaksanakan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sampah yang ditimbun di TPA akan menghasilkan gas berbahaya salah satunya adalah gas metana. Gas metana memiliki
banyak dampak buruk bagi lingkungan salah satunya adalah menipisnya lapisan ozon. TPA Tlekung di Kota Batu merupakan salah satu TPA yang mampu mengubah gas metana menjadi energi terbarukan yaitu bahan bakar gas untuk memasak. TPA Tlekung sudah mengalirkan gas metana hingga ke 70 rumah penduduk. Penelitian ini ingin mengetahui tingkat kepuasan masyarakat yang sudah menggunakan gas metana terhadap produk dan kinerja gas metana. Dalam penelitian ini akan dilihat dari karakteristik masyarakat yaitu tingkat pendidikan, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis crosstab dengan uji chi-square. Hasil analisis crosstab dengan uji chi-square adalah masyarakat yang sudah menggunakan gas metana puas terhadap beberapa variabel dari kinerja dan produk gas metana sehingga perlu dipertahankan. Dan juga masyarakat merasa kurang puas terhadap beberapa variabel dari kinerja dan produk gas metana sehingga perlu adanya perbaikan. Variabel dalam penelitian ini terbagi menjadi 4 tahap yaitu tahap input pemasangan gas metana, proses pemasangan gas metana, output penggunaan gas metana dan perawatan gas metana. Tingkat kepuasan masyarakat juga dilihat berdasarkan karakteristik.


Keywords


Potensi; tingkat-kepuasan; kinerja

Full Text:

PDF

References


Hambali, E. 2007. Teknologi Bioenergi. Jakarta. Agromedia Pustaka.

Kahfi, A. 2017. Tinjauan terhadap Pengolahan Sampah. Makassar. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Lovelock, C. & Wirtz, J. 2007. Services marketing : People, technology, and strategy (6th ed.). New Jersey. Pearson Education, Inc.

Nina, A. 2017. Pemanfaatan Gas Metana Sampah Sebagai Energi Terbarukan (Studi Kasus TPA Puwatu Kendari). Makassar. Universitas Hasanuddin.

Schiffman, L.G & Kanuk, L.L. 2007. Consumer behavior (9th ed.). London. Prentice Hall.

Sharvina, 2014. Pemanfaatan Potensi Biogas sebagai Energi Alternatif di Desa Talangagung. Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. Malang. Universitas Brawijaya.

Sugiyono. 1997. Metodologi Penelitian Administrasi. Yogyakarta. CV Alfabeta.

Trihendradi, C. 2011. Langkah Mudah melakukan analisis Statistik menggunakan SPSS 19. Yogyakarta. Andi Offset.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta.

Andi. Widjoyo. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Surabaya. Universitas Kristen Petra. Widyatmoko dan Sintorin. 2002. Menghindari Pengolahan dan Penyinhkiran Sampah. Jakarta. Ikapi.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremier, D. D. 2009. Service marketing. New York. Mc Graw Hill


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.