EVALUASI KINERJA OPERASIONAL BUS RAPID TRANSIT DI KOTA BATAM (RUTE TANJUNG PIAYU – BATAM CENTRE)
Abstract
Kota Batam memiliki lokasi yang strategis karena berada dalam jalur pelayaran Internasional. Letak yang strategis tersebut membuat Kota Batam menjadi cepat berkembang yang menyebabkan tingginya tingkat aktivitas
ekonomi dan sosial. Tingginya aktivitas tersebut membutuhkan sarana transportasi umum dan pribadi. Salah satu transportasi massal yang sudah ada di Kota Batam adalah BRT (Bus Rapid Transit). Menurut pengamatan awal
peneliti, penggunaan BRT ini masih belum dapat digunakan secara maksimal oleh masyarakat. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja operasional BRT Trans Batam. Penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif kuantitatif untuk mengetahui bagaimana kinerja operasional Trans Batam berdasarkan ketetapan yang berlaku. Berdasarkan hasil evaluasi kinerja operasional, diketahui bahwa travel time dari BRT
Trans Batam adalah 60-62 menit dengan kecepatan antara 20-21 km/jam sehingga masih sesuai dengan ketetapan yang berlaku. Untuk load factor, kapasitas angkut bus masih memadai, karena mayoritas load factor
pada bus berada di angka kurang dari 80%. Headway Trans Batam masih tinggi yaitu 20-31 menit, sedangkan untuk standar yang berlaku headway BRT idealnya adalah 5-10 menit.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alamsyah, A.A. 2005. Rekayasa Lalu lintas. Malang. Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang
Budi, Irawan Setia. 2007. Pengaruh Penggunaan Lahan Terhadap Bangkitan dan Tarikan Pergerakan di Sepanjang Jalan Gadjah Mada
Kota Batam. Semarang. Universitas Diponergoro
Direktorat Lalu Lintas Polda Kepri Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, SK.687/AJ.206/DRJD/2002 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur. Jakarta: Departemen Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.
Purwianti, L. & Lukito, Y. R. D. 2014. Analisis Pengaruh City Branding Kota Batam Terhadap Brand Attitude. Batam. Universitas Internasional Batam.
Margareth E.B., & Mardiyanti, T.W.S. 2013. Analisis Kinerja Angkutan Umum pada Rute Rencana Terminal – Kampus Universitas Timor Kota Kemafenanu Provinsi NTT. Surakarta. Univeritas Muhammadiyah
Surakarta
Setiyohadi, Imam. 2008. Karakteristik dan Pola Pergerakan Penduduk Kota Batam dan Hubungannya dengan Perkembangan Wilayah Hinterland. Semarang. Universitas Diponergoro
Tengku Mustafa. 2003. Analisa Kebutuhan Terminal Angkutan Umum di Kota Batam. Semarang. Universitas Diponegoro
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.