EVALUASI KINERJA OPERASIONAL DAN KINERJA PELAYANAN TERMINAL KERTONEGORO KABUPATEN NGAWI

Tri Yoso Astanto, Budi Sugiarto Waloeja, Dadang Meru Utomo

Abstract


Terminal Kertonegoro merupakan terminal tipe A yang menjadi terminal induk di Kabupaten Ngawi. Namun berdasarkan hasil observasi terjadi penurunan jumlah pengunjung Terminal Kertonegoro sebesar 40% dan penurunan jumlah angkutan umum yang masuk-keluar terminal sebesar 31% sejak terminal dioperasionalkan pada tahun 2010. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui arahan peningkatan kinerja operasional dan kinerja pelayanan Terminal Kertonegoro. Metode analisis yang digunakan untuk analisis kinerja operasional terminal adalah analisis deskriptif evaluatif dengan membandingkan kondisi eksisting dengan standar yang ada, sedangkan untuk kinerja pelayanan digunakan analisis Importance perfomance analysis (IPA), yang selanjutnya disusun arahan dengan menggunakan analisis Quality function deployment (QFD). Dari hasil analisis kinerja operasional dan kinerja pelayanan, disusun arahan peningkatan kinerja Terminal Kertonegoro, yang selanjutnya didapatkan urutan prioritas arahan dengan menggunakan analisis QFD, urutan prioritas arahan tersebut antara lain 1. Menyediakan informasi angkutan serta jadwal angkutan dalam trayek lanjutan dan kendaraan umum tidak dalam trayek lanjutan, 2. Perbaikan fasilitas keselamatan jalan, 3. Penyesuaian regulasi trayek angkutan lokal terhadap lokasi Terminal Kertonegoro, 4. Perbaikan fasilitas keamanan, 5. Menyediakan fasilitas untuk penyandang difabel, 6. Mengatur pengelompokan ruang dan sirkulasi dalam terminal, 7. Menyediakan jadwal kendaraan umum beserta tarifnya, 8. Menetapkan waktu maksimal pelayanan angkutan umum, 9. Perbaikan fasilitas ruang tunggu, 10. Perbaikan fasilitas perbaikan ringan kendaraan umum.

Keywords


Terminal-Kertonegoro; Kinerja-Operasional; Kinerja-Pelayanan; Quality-Function-Deployment

Full Text:

PDF

References


Abubakar. 1996. Menuju Lalu Lintas dan

Angkutan Jalan yang Tertib. Jakarta:

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Anonim. Keputusan Direktur Jenderal

Perhubungan Darat,

SK.687/AJ.206/DRJD/2002 tentang

Pedoman Teknis Penyelenggaraan

Angkutan Penumpang di Wilayah

Perkotaan dalam Trayek Tetap dan

Teratur. Jakarta: Departemen

Perhubungan, Direktorat Jenderal

Perhubungan Darat.

Anonim. Keputusan Direktur Jenderal

Perhubungan Darat,

SK.1361/AJ.106/DRJD/2003 tentang

Penetepan Simpul Jaringan Transportasi

Jalan Untuk Terminal Penumpang Tipe A

di Seluruh Indonesia. Jakarta:

Departemen Perhubungan, Direktorat

Jenderal Perhubungan Darat.

Anonim. Peraturan Daerah Mengenai Rencana

Detail Tata Ruang Kota Ngawi Tahun

– 2030, Ngawi: Pemerintah

Kabupaten Ngawi

Francisco, Nelson, et all. 2015. Kajian Kinerja

Pelayanan Terminal Angkutan Umum

(Studi Kasus Terminal Becora Dili-Timor

Leste). Media Sipil vol.13/No.1/Februari

Morlok, Edward. 1988. Pengantar dan

Perencanaan Transportasi. Jakarta:

Erlangga

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif dan R&D. Bandung: alfabeta

Suryaningrat, I.B. 2010. Aplikasi Metode Quality

function Development (QFD) untuk

peningkatan kualitas produk mie jagung.

jurnal Agrotek Vol. 4 No 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.