FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN MODA KERETA GANTUNG RUTE PERJALANAN KOTA MALANG-KOTA BATU

Dwi Nur Muhammad Taufiq, Budi Sugiarto Waloeja, Dadang Meru Utomo

Abstract


Pemerintah Kota Malang dan Kota Batu telah memiliki rencana untuk mengatasi permasalahan kemacetan sebagai dampak dari pengoperasian Jalan Tol Pandaan-Malang, salah satunya dengan pengembangan kereta gantung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perpindahan moda dari kendaraan pribadi ke kereta gantung pada rute perjalanan Kota Malang-Kota Batu dengan menggunakan Analisis Stasiktik Deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan beberapa faktor yang
mempengaruhi permindahan moda dari kendaraan pribadi ke kereta gantung dengan variabel yang berpengaruh signifikan yaitu Tujuan Perjalanan Rekreasi/Wisata, Lama Perjalanan, Kesetaraan, Kenyamanan, Ketersediaan
Rute, Konsistensi Waktu dan Kebijakan Parkir.


Keywords


Transportasi; Kereta-Gantung; Pemilihan-Moda

Full Text:

PDF PDF

References


Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah

Kota Batu. 2013. Tataran Transportasi

Lokal. Batu.

Dinas Perhubungan Kota Malang. 2013. Rencana

Induk Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Malang.

Doppelmayr Urban Solutions. 2015. Doppelmayr

Cable Car GmbH & Co KG. Austria.

Jannah, Fatihatul at al. 2016. Pemilihan Moda

Antara Kendaraan Pribadi dengan Kereta

Api Tujuan Malang-Surabaya. Univ.

Brawijaya. Malang.

Nasution, Rozaini. 2003. Teknik Sampling. FKM

Univ Sumatra Utara Digital Library.

Rungkut, MS & Sugiri, A. 2014. Kajian

Karakteristik Preferensi Pengguna Moda

Transportasi Pribadi dan Publik, Kasus:

Perjalanan Harian ke UNDIP Tembalang.

Jurnal Teknik PWK. III (4): 1-15

Singgih P, Mohammad & Yusuf Z, Akhmad. 2014.

Kereta Gantung Sebagai Alternatif Wisata

dan Pengurai Kemacetan Kota Wisata

Batu Jawa Timur. Jurnal APLIKASI ISSN.

-753X Vol 12 No 2. ITS Surabaya.

Tezak, Serje at al. 2016. Increasing the Capasity of

Cable Cars for Use in Public Transport.

Slovenia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.