TINGKAT PELAYANAN JALAN BERDASARKAN INTERAKSI JALAN-GUNA LAHAN DI JALAN RAYA KI AGENG GRIBIG

Equivalenta Diandra Himawan, Budi Sugiarto Waloejo, Nailah Firdausiyah

Abstract


Kemacetan di Kota Malang mengalami peningkatan setiap tahunnya. Berdasarkan data Kota Malang dalam Angka Tahun 2015 – 2019, Kota Malang mengalami peningkatan jumlah penduduk setiap tahunnya. Pertambahan jumlah penduduk berbanding lurus dengan pertambahan jumlah kendaraan dan aktivitas guna lahan sekitar. Berdasarkan data lalu lintas Kota Malang Tahun 2017, Jalan Raya Ki Ageng Gribig merupakan salah satu jalan yang memiliki nilai tingkat pelayanan jalan dengan kategori D. Oleh karena itu perlu ada penelitian untuk menghitung nilai tingkat pelayanan jalan melihat hubungan antara aktivitas yang dilihat dari guna lahan dan jalan yang dilihat dari volume lalu lintas dan kapasitas jalan yang ada di Jalan Raya Ki Ageng Gribig, Kota Malang. Hubungan antara aspek guna lahan dan jalan dapat dilihat korelasinya menggunakan analisis regresi linier berganda: stepwise model. dihasilkan 9 model pada penelitian ini dengan detail YPerumahan= 0,002+0,214X3+0,191X4, YSekolah (TK-SMA)= 0,158+0,113X6+0,035X9+0,086X8, YUniversitas= 0,108+0,081X11+0,004X14, YPerkantoran= 25,167+1,658X16+0,029X19, YApotek= 5,625+0,891X21+0,245X22, YPerjas= 0,926+0,065X25+0,379X27, YSPBU= 63,211+0,115X30+0,587X31,YIndustridanPergudangan=6,263+0,033X33+0,019X32+0,266X37,Ypuskesmas=65,375+3,175X40+2,4 34X39. Hasil permodelan hasil analisis regresi linier berganda: stepwise model, digunakan sebagai salah satu variabel untuk mencari nilai dari tingkat pelayanan jalan dengan menghitung level of service pada Jalan Raya Ki Ageng Gribig, Kota Malang. Hasil dari penelitian memperlihatkan hasil Level of Service segmen 1 hingga segmen 4 keseluruhan memiliki nilai A untuk weekday dan weekend. 


Keywords


Model-Tarikan/Bangkitan; Guna-Lahan; Kapasitas-Jalan; Alternatif-Do-Something, Regresi-Linier- Berganda

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kota Malang. 2015. Kota Malang dalam Angka Tahun 2015. Malang: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Kota Malang. 2016. Kota Malang dalam Angka Tahun 2016. Malang: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Kota Malang. 2017. Kota Malang dalam Angka Tahun 2017. Malang: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Kota Malang. 2018. Kota Malang dalam Angka Tahun 2018. Malang: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Kota Malang. 2019. Kota Malang dalam Angka Tahun 2019. Malang: Badan Pusat Statistik.

Direktorat Jendral Bina Marga. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Bina Marga.

Kinerja Jalan Mayjen Sungkono, Kota Surabaya Skripsi. Tidak dipublikasikan. Malang: Universitas Brawijaya.

Papacostas, C.S. 1987. Fundamentals of Transportation Engineering. Practice Hall. USA.

Peraturan Daerah Kota Malang. 2011. Rencana Tata Ruang Wilayah, Kota Malang Tahun 2010-2030. Malang; Peraturan Daerah Kota Malang.

Roziqin, Fauzan. 2017. Dampak pergerakan Kendaraan Industri Besar dan Sedang Terhadap Kinerja Jalan di Kota Malang Skripsi. Tidak dipublikasikan. Malang: Universitas Brawijaya

Utami, Syafitri Sukma. 2017. Model tarikan Perdagangan dan Jasa terhadap Kinerja Jalan Mayjen Sungkono, Kota Surabaya Skripsi. Tidak dipublikasikan. Malang: Universitas Brawijaya.

Waloejo, Budi Sugiarto. 2019. The Effect Of The Development Of Industrial And Commercial Area On Road Network Performance (Waru Surabaya – Mojokerto Street) International Journal of GEOMATE, July, 2020, Vol.19, Issue 71, pp. 115 - 122 ISSN: 2186-2982 (P), 2186-2990 (O), Japan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.