EVALUASI KINERJA OPERASIONAL KA KOMUTER SURABAYA - LAMONGAN DAN STASIUN SURABAYA PASAR TURI (Studi Kasus Pada Masa Pandemi Covid-19)

Ahmad Rifqi Dimasyqi Santoso, Imma Widyawati Agustin, Septiana Hariyani

Abstract


Kota Surabaya merupakan memiliki tujuan penataan ruang sebagai kota metropolitan berbasis perdagangan dan jasa skala nasional dan internasional. Untuk mewujudukan tujuan tersebut PT KAI DAOP VIII Surabaya memfasilitasi Kereta api Komuter Surabaya – Lamongan serta Stasiun Surabaya Pasar Turi yang merupakan stasiun kelas besar dan memiliki depo lokomotif sendiri. Namun KA Komuter Surabaya-Lamongan masih memiliki kinerja yang perlu ditingkatkan, seperti load factor yang tidak memenuhi standar mencapai 98% serta pada Stasiun Surabaya Pasar Turi masih terjadi crossing di area stasiun seperti crossing antara pejalan kaki dengan kendaraan pribadi pada pintu masuk dan keluar stasiun. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kinerja operasional dari KA Komuter Surabaya-Lamongan dan Stasiun Surabaya Pasar Turi pada masa pandemi COVID19. Data diperoleh melalui kuesioner dan observasi yang kemudian dianalisis menggunakan analisis kinerja operasional kereta (load factor, travel time, waktu tunggu, dan SOP Penyemprotan Disinfektan), dan analisis kinerja operasional stasiun (kebutuhan ruang, sirkulasi stasiun, dan analisis LOS). Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil analisis kinerja operasional kereta api diketahui bahwa KA Komuter Surabaya-Lamongan memiliki rata – rata load factor yang belum sesuai standar 70 – 90% yakni mencapai 91%, kemudian untuk hasil analisis LOS diketahui LOS pada pelayanan sirkulasi dari ruang tunggu menuju peron memiliki LOS B hingga LOS C.


Keywords


Commuter-line; COVID-19; Stasiun-Surabaya-Pasar-Turi; Kinerja-Operasional

Full Text:

PDF

References


Agustin, I. W., Hariyani, S., & Damayanti, S. O. 2022. Prioritas Alternatif Peningkatan Kinerja Commuter-Line Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Reksabumi.1(1):68-85.

Aminah, S. 2018. Transportasi Publik dan Akesibilitas Masyarakat Perkotaan. Jurnal Teknik Sipil UBL. 9(1): 1142-1155.

Astanto, T. Y. 2017. Evaluasi Kinerja Operasional dan Kinerja Pelayanan Terminal Kertonegoro Kabupaten Ngawi. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. 2002. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan Teratur.

Dwiatmoko, H., Nabila, Mudjanarko, S. W., & Setiawan, I. 2020. Peran Angkutan Kereta Api Komuter Dalam Meningkatkan Perekonomian Di Wilayah Gerbangkertasusila. Surabaya: Scopindo.

Fatimah, S. 2019. Pengantar Transportasi. Makassar: Myria Publisher.

Hartatik, N., Ratri, I. W., & Lesmana, Y. 2019. Karakteristik Penumpang Kereta Api Komuter Sulam. Jurnal Teknik Sipil. 5(1): 1-9.

Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. 2022. Surat Edaran Nomor 25 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. 2020. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No. 18 Tahun 2020 Tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)

.

Naufal, A. A. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kinerja Operasional Industri Busana Muslim di Kota Bandung. Skripsi. Bandung: Universitas Katolik Parahyangan.

Nurfahma, S. A. 2021. Peranan Transportasi Kereta Api Surabaya - Lamongan Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Lamongan 2004 - 2020. Jurnal Pendidikan Sejarah. 11(2): 1-9.

Pangestu, A. G. 2017. Analisis Kinerja Angkutan Kota di Kota Bogor Tahun 2017. Skripsi. Bogor: Universitas Ibu Khaldun.

Nugraha, N. M., Anwar, A., Priadana, M., & Firdaus, O. M. 2017. Analisis Pengaruh Citra dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Serta Implikasinya Pada Komunikasi Pemasaran di Rumah Bersalin Fatimah Kota Bandung. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri. 3(1). 14-19.

Prasetyo, A. M. 2021. Kinerja Layanan Stasiun Kereta Api Surabaya Pasar Turi Berdasarkan Preferensi Pengguna.Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

PT Kereta Api Indonesia (Persero). 2012. Pedoman Standardisasi Stasiun Kereta Api Indonesia. Bandung.

Putra, L. S. 2019. Evaluasi Kinerja Operasional dan Kinerja Pelayanan Commuter Line Rute Bogor-Jatinegara. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, B. R., & Herijanto, W. 2014. Analisis Kinerja Operasional Kereta Api Sriwedari Ekspress Jurusan Solo-Yogya. Jurnal Teknik POMITS. 3(1): 1-6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.