KAJIAN KINERJA PELAYANAN WISATA BERDASARKAN PREFERENSI USIA MUDA DI KOTA BATU DAN KABUPATEN MALANG

aqil ariful azizi, Dian Dinanti, Wawargita Permata Wijayanti

Abstract


Malang raya memiliki potensi wisata yang besar termasuk Kota Batu dan Kabupaten Malang yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Dalam sektor pariwisata harus memperhatikan segmentasi pasar khususnya segmentasi berdasarkan usia karena usia muda menjadi pangsa terbesar bagi obyek wisata. Usia juga menjadi faktor utama bagi wisatawan dalam memilih destinasi wisata khususnya generasi muda yang memiliki populasi yang sangat besar dibandingkan rentang usia lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kepuasan dan kepentingan wisatawan terhadap obyek wisata di Kota Batu dan Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian survei, dengan cara menyebarkan kuisioner secara daring kepada masyarakat berusia 17-23 tahun. Teknik analisis yang digunakan adalah Importance-Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kota Batu dapat menarik lebih banyak wisatawan dengan jumlah 300 responden dibandingkan Kabupaten Malang dengan 84 responden. Kota Batu memiliki jenis wisata buatan yang lebih dominan untuk menarik wisatawan usia muda untuk berkunjung, sedangkan Kabupaten Malang unggul pada jenis wisata alamnya (2) Kabupaten Malang memiliki ekspektasi lebih tinggi daripada tingkat kepuasan pada jenis wisata alam, sedangkan Kota Batu mempunyai tingkat kepuasan yang lebih tinggi pada jenis wisata buatan

Keywords


Pariwisata; Usia-Muda; Kinerja-Pelayanan-Obyek-Wisata; Preferensi-Berwisata

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Bimo, Walgito. 1997. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta. Andi Offset

Gifford. 1987. Environmental Psychology Principles and Practice. Boston. Allyn and Bacon Inc.

Gibson, dkk. 1989. Organisasi Edisi Kelima. Jakarta. PT. Gelora Aksara Pratama.

Ismayati. 2010. Pengantar Pariwisata. Jakarta.Gramedia Widisarana

Martilla, J. A. James. 1997. Importance Performance Analysis. Journal Of

Marketing. Oborne, d. 1995. Ergonomic at Work. Chicester. UK.

Jhon willey and Sons, Ltd.

Sugiyono. 2000. Statistik untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Manajemen Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.

Sumadi Suryabrata. 1994. Metodologi Penelitian. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Smith, T. W. 1989. The hardy personality: cognitve and physiological responses to evaluative threat. Journal of Personality and Social Psychology.

Tjiptono, F., Chandra, G. 2007. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta. ANDI.

Wahid, Abdul. 2015. Strategi Pengembangan Wisata NTB Menuju Destinasi Utama Wisata Islami. Yogyakarta. UMY.

Zeithaml, V.A., A. Parasuraman, dan L.L. Berry. 1990. Delivering Quality Service : Balancing Customer Perception & Expectation. New York. Simon and Schusteri


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.