KARAKTERISTIK PERJALANAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MALANG UNTUK PERJALANAN KE KAMPUS
Abstract
Kota Malang adalah kota pendidikan dan wilayah Kecamatan Lowokwaru sebagai pusat kawasan pendidikannya.
Peningkatan penggunaan transportasi pribadi yang diiringi dengan bertambahnya mahasiswa di Universitas
Negeri Malang juga menyumbang kepadatan dan kemacetan yang terjadi. Saat ini Kota Malang hanya
mempunyai satu jenis angkutan massal, yaitu angkot yang jumlahnya menurun pada tahun 2017-2020. Trayek
angkutan kota yang sering melewati Universitas Negeri Malang ada 3 yaitu AL, GL dan LG. Selain angkutan kota,
muncul inovasi penggunaan teknologi informasi yaitu penerapan aplikasi untuk memesan taksi online dan ojek
online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik pemilihan moda transportasi yang terdiri
dari karakteristik perjalanan, karakteristik pelaku perjalanan, karakteristik sistem moda dan kebijakan
transportasi. Data dikumpulkan dengan pertanyaan melalui kuesioner. Moda yang terdapat pada penelitian ini
yaitu motor, mobil, motor1, dan mobil1, dengan ojek online, taksi online, dan angkot sebagai kategori
pembanding. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu analisis frekuensi. Hasil analisis
menunjukkan bahwa waktu perjalanan jam 06.00 WIB – 10.00 WIB didominasi pelaku perjalanan mobil, panjang
pergerakan < 5km didominasi pelaku perjalanan mobil dan ojek online, perempuan usia 17-21 tahun didominasi
pelaku perjalanan ojek online, Lama perjalanan 15 menit didominasi pelaku perjalanan ojek online, Pelaku
perjalanan transportasi pribadi cenderung memilih kebijakan yang lebih murah dibandingkan pelaku perjalanan
ojek online.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, Anokye M. 2020. Sample Size
Determination in Survey Research.
Ghana: Journal of Scientific Research &
Reports.
Anindhita, W., Arisanty, M., & Rahmawati, D.
Analisis Penerapan Teknologi
Komunikasi Tepat Guna Pada Bisnis
Transportasi Ojek Online (Studi pada
Bisnis Gojek dan Grab Bike dalam
Penggunaan Teknologi Komunikasi Tepat
Guna untuk Mengembangkan Bisnis Transportasi). In Prosiding Seminar
Nasional INOCOMPAC Universitas Bakrie.
Azis, Rudi & Asrul. 2018. Pengantar Sistem dan
Perencanaan Transportasi. Yogyakarta:
Deepublish.
Badan Pusat Statistik. 2020. Penduduk Kota
Malang Dalam Angka Tahun 2020.
Malang: Badan Pusat Statistik.
BAPPEDA Kota Malang. 2016. Kajian Analisis
Dampak Sosial Ekonomi Budaya Urban
Mahasiswa Terhadap Masyarakat Kota
Malang. Malang; BARENLITBANG Kota
Malang.
Dasan, Muhammad Ravi. 2018. Model Pemilian
Moda Bus Sekolah Bagi Pelajar di Kota
Malang. Skrispi. Tidak Dipublikasikan.
Malang: Universitas Brawijaya.
Direktorat Jendral Bina Marga. 2014. Pedoman
Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta:
Departemen Pekerjaan Umum.
Djakfar et.al. 2010. Studi Karakteristik dan Model
Pemilihan Moda Angkutan Mahasiswa
Menuju Kampus (Sepeda Motor atau
Angkutan Umum) di Kota Malang.
Malang: Jurnal Rekayasa Sipil Volume 4,
No.1.
Muliana, Rona & Iwan, K. 2014. Perilaku
Pemilihan Lokasi Tempat Tinggal dan
Karakteristik Perjalanan Mahasiswa di
Kota Bandung. Bandung: Jurnal
Perencanaan Wilayah dan Kota 2 SAPPK
No.2.
Mustaqima. 2018. Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Pemilihan Moda
Angkutan Umum Berbasis Online di
Jakarta Selatan. Skripsi. Tidak
Dipublikasikan. Malang: Universitas
Brawijaya.
Purwanti et.al. 2018. Analisis Pemilihan Moda di
Kampus Itenas. Bandung: ITENAS.
Putri, F. N. 2019. Pemilihan Moda Antara
Kendaraan Pribadi Terhadap Bus
Transjakarta Koridor 13 Pada Pergerakan
Ciledug-Tendean. Skripsi. Tidak
Dipublikasikan. Malang: Universitas
Brawijaya.
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 98
Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan
Minimal Angkutan Orang Dengan
Kendaraan Bermotor Umum Dalam
Trayek.
Peraturan Menteri Perhubungan Republik
Indonesia Nomor PM 29 Tahun 2015
tentang Perubahan Atas Peraturan
Menteri Perhubungan Nomor PM 98
Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan
Minimal Angkutan Orang Dengan
Kendaraan Bermotor Umum Dalam
Trayek.
Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2015 tetang
Retribusi Jasa Umum.
Peraturan Menteri Perhubungan Republik
Indonesia Nomor PM 118 Tahun 2018
tentang Penyelenggaraan Angkutan
Sewa Khusus.
Peraturan Menteri Perhubungan Republik
Indonesia No PM 12 Tahun 2019 tentang
Perlindungan Keselamatan Pengguna
Sepeda Motor yang Digunakan untuk
Kepentingan Masyarakat.
Septami, Indah Dwi. 2018. Pemodelan Pemilihan
Moda Angkutan Umum di Kota Mataram.
Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Malang:
Universitas Brawijaya.
Septiastuti. 2017. Pemodelan Pemilihan Moda
Baru Monorel Terhadap Pengguna
Eksisting di Kota Semarang. Skripsi. Tidak
Dipublikasikan. Malang: Universitas
Brawijaya.
Sitinjak, Laskar Laurensius & Charles Sitindaon.
Pemilihan Moda Transportasi
Pematangsiantar Menuju Bandara
Silangit dengan Metode Stated
Preference; Vol. 2 No.1 Maret 2019.
Statistik Universitas Negeri Malang. 2020.
https://um.ac.id/wpcontent/
uploads/2020/08/Buku-
Statistik-2020.pdf (diakses pada tanggal
Februari 2020).
Suherminingasih et.al 2018. Manajemen Lalu
Lintas di Jalan Lingkar Univeristas
Brawijaya. Skripsi. Tidak Dipublikasikan.
Malang: Universitas Brawijaya.
Tamin, Ofyzar. 2000. Perencanaan dan
Pemodelan Transportasi. Bandung:
Institut Teknologi Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.