KARAKTERISTIK PERJALANAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MALANG UNTUK PERJALANAN KE KAMPUS

Silvi Meidinawati Hartono, Septiana Hariyani ., Imma Widyawati Agustin

Abstract


Kota Malang adalah kota pendidikan dan wilayah Kecamatan Lowokwaru sebagai pusat kawasan pendidikannya.
Peningkatan penggunaan transportasi pribadi yang diiringi dengan bertambahnya mahasiswa di Universitas
Negeri Malang juga menyumbang kepadatan dan kemacetan yang terjadi. Saat ini Kota Malang hanya
mempunyai satu jenis angkutan massal, yaitu angkot yang jumlahnya menurun pada tahun 2017-2020. Trayek
angkutan kota yang sering melewati Universitas Negeri Malang ada 3 yaitu AL, GL dan LG. Selain angkutan kota,
muncul inovasi penggunaan teknologi informasi yaitu penerapan aplikasi untuk memesan taksi online dan ojek
online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik pemilihan moda transportasi yang terdiri
dari karakteristik perjalanan, karakteristik pelaku perjalanan, karakteristik sistem moda dan kebijakan
transportasi. Data dikumpulkan dengan pertanyaan melalui kuesioner. Moda yang terdapat pada penelitian ini
yaitu motor, mobil, motor1, dan mobil1, dengan ojek online, taksi online, dan angkot sebagai kategori
pembanding. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu analisis frekuensi. Hasil analisis
menunjukkan bahwa waktu perjalanan jam 06.00 WIB – 10.00 WIB didominasi pelaku perjalanan mobil, panjang
pergerakan < 5km didominasi pelaku perjalanan mobil dan ojek online, perempuan usia 17-21 tahun didominasi
pelaku perjalanan ojek online, Lama perjalanan 15 menit didominasi pelaku perjalanan ojek online, Pelaku
perjalanan transportasi pribadi cenderung memilih kebijakan yang lebih murah dibandingkan pelaku perjalanan
ojek online.


Keywords


Universitas-Negeri-Malang, Pemilihan-Moda, Analisis-Statistik-Deskriptif

Full Text:

PDF

References


Adam, Anokye M. 2020. Sample Size

Determination in Survey Research.

Ghana: Journal of Scientific Research &

Reports.

Anindhita, W., Arisanty, M., & Rahmawati, D.

Analisis Penerapan Teknologi

Komunikasi Tepat Guna Pada Bisnis

Transportasi Ojek Online (Studi pada

Bisnis Gojek dan Grab Bike dalam

Penggunaan Teknologi Komunikasi Tepat

Guna untuk Mengembangkan Bisnis Transportasi). In Prosiding Seminar

Nasional INOCOMPAC Universitas Bakrie.

Azis, Rudi & Asrul. 2018. Pengantar Sistem dan

Perencanaan Transportasi. Yogyakarta:

Deepublish.

Badan Pusat Statistik. 2020. Penduduk Kota

Malang Dalam Angka Tahun 2020.

Malang: Badan Pusat Statistik.

BAPPEDA Kota Malang. 2016. Kajian Analisis

Dampak Sosial Ekonomi Budaya Urban

Mahasiswa Terhadap Masyarakat Kota

Malang. Malang; BARENLITBANG Kota

Malang.

Dasan, Muhammad Ravi. 2018. Model Pemilian

Moda Bus Sekolah Bagi Pelajar di Kota

Malang. Skrispi. Tidak Dipublikasikan.

Malang: Universitas Brawijaya.

Direktorat Jendral Bina Marga. 2014. Pedoman

Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta:

Departemen Pekerjaan Umum.

Djakfar et.al. 2010. Studi Karakteristik dan Model

Pemilihan Moda Angkutan Mahasiswa

Menuju Kampus (Sepeda Motor atau

Angkutan Umum) di Kota Malang.

Malang: Jurnal Rekayasa Sipil Volume 4,

No.1.

Muliana, Rona & Iwan, K. 2014. Perilaku

Pemilihan Lokasi Tempat Tinggal dan

Karakteristik Perjalanan Mahasiswa di

Kota Bandung. Bandung: Jurnal

Perencanaan Wilayah dan Kota 2 SAPPK

No.2.

Mustaqima. 2018. Faktor-Faktor yang

Mempengaruhi Pemilihan Moda

Angkutan Umum Berbasis Online di

Jakarta Selatan. Skripsi. Tidak

Dipublikasikan. Malang: Universitas

Brawijaya.

Purwanti et.al. 2018. Analisis Pemilihan Moda di

Kampus Itenas. Bandung: ITENAS.

Putri, F. N. 2019. Pemilihan Moda Antara

Kendaraan Pribadi Terhadap Bus

Transjakarta Koridor 13 Pada Pergerakan

Ciledug-Tendean. Skripsi. Tidak

Dipublikasikan. Malang: Universitas

Brawijaya.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 98

Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan

Minimal Angkutan Orang Dengan

Kendaraan Bermotor Umum Dalam

Trayek.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik

Indonesia Nomor PM 29 Tahun 2015

tentang Perubahan Atas Peraturan

Menteri Perhubungan Nomor PM 98

Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan

Minimal Angkutan Orang Dengan

Kendaraan Bermotor Umum Dalam

Trayek.

Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2015 tetang

Retribusi Jasa Umum.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik

Indonesia Nomor PM 118 Tahun 2018

tentang Penyelenggaraan Angkutan

Sewa Khusus.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik

Indonesia No PM 12 Tahun 2019 tentang

Perlindungan Keselamatan Pengguna

Sepeda Motor yang Digunakan untuk

Kepentingan Masyarakat.

Septami, Indah Dwi. 2018. Pemodelan Pemilihan

Moda Angkutan Umum di Kota Mataram.

Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Malang:

Universitas Brawijaya.

Septiastuti. 2017. Pemodelan Pemilihan Moda

Baru Monorel Terhadap Pengguna

Eksisting di Kota Semarang. Skripsi. Tidak

Dipublikasikan. Malang: Universitas

Brawijaya.

Sitinjak, Laskar Laurensius & Charles Sitindaon.

Pemilihan Moda Transportasi

Pematangsiantar Menuju Bandara

Silangit dengan Metode Stated

Preference; Vol. 2 No.1 Maret 2019.

Statistik Universitas Negeri Malang. 2020.

https://um.ac.id/wpcontent/

uploads/2020/08/Buku-

Statistik-2020.pdf (diakses pada tanggal

Februari 2020).

Suherminingasih et.al 2018. Manajemen Lalu

Lintas di Jalan Lingkar Univeristas

Brawijaya. Skripsi. Tidak Dipublikasikan.

Malang: Universitas Brawijaya.

Tamin, Ofyzar. 2000. Perencanaan dan

Pemodelan Transportasi. Bandung:

Institut Teknologi Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.