FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA LAHAN PERMUKIMAN DI KOTA MALANG

Shofa Nahdliya Asri, Abdul Wahid Hasyim, Wulan Dwi Purnamasari

Abstract


Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur dengan jumlah penduduk pada tahun 2019 sebanyak 927.285 jiwa. Keterbatasan lahan yang terdapat di Kota Malang semakin meningkat dengan bertambahnya jumlah penduduk.  Lahan di pusat Kota Malang menjadi sebuah komoditas dengan jumlah terbatas dengan permintaan yang meningkat dari hari ke hari. Tingginya tingkat kebutuhan lahan di Kota Malang mengakibatkan pemerintah ingin mengadakan dan menyediakan rumah-rumah murah di Kota Malang. Dalam pelaksanaannya pemerintah berperan untuk merencanakan pengembangan permukiman di Kota Malang, yang menyangkut dengan kebutuhan akan lahan untuk bermukim. Permasalahan yang terdapat di wilayah studi adalah harga lahan yang bervariasi pada wilayah pusat kota dan sub pusat kota, dimana harga lahan tinggi dipengaruhi oleh nilai lahan, maka dari itu tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi harga lahan permukiman pada lahan rumah di Kota Malang dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Faktor yang mempengaruhi harga lahan permukiman adalah luas bangunan, luas lahan, status kepemilikan, ketersediaan jaringan listrik, ketersediaan jaringan telekomunikasi, ketersediaan jaringan air bersih, jarak ke pusat kota, jarak ke jalan utama, jarak ke kantor pemerintah dan jarak ke sarana pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rekomendasi untuk pemerintah terkait dengan pengembangan permukiman di Kota Malang.

Keywords


harga-lahan; analisis-kriging; regresi-linier-berganda

Full Text:

PDF

References


Kota Malang Dalam Angka Tahun 2020

Fahira, F., Armin Basong., dan Hermansah H. Tagala. 2010. Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Jual Lahan dan Bangunan pda Perumahan Tipe Sederhana. Jurnal SMARTek Vol. 08 No. 3. Palu: Universitas Tadulako.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 (8th Ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gujarati, D. N., dan Porter, D. C. 2015. Dasar-dasar Ekonometrika (5 Buku 2). Jakarta: Salemba Empat.

Hidayati, Iswari Nur. 2013. Analisis Harga Lahan Berdasarkan Citra Pengindraan Jauh Resolusi Tinggi. Jurnal Pendidikan Geografi Vol. 13 No. 01. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Marpaung, Grace Natalia. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Permintaan Perumahan. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Vol. 4 No. 2. Semarang: Universitas Diponegoro

Mayasari, Karina., Surjono., dan Septiana Hariyani. 2009. Faktor Yang Mempengaruhi Harga Lahan di Kawasan Kota Baru Berbasis Industri dan Pusat Kota Samarinda. Jurnal Tata Kota dan Daerah Vol. 1 No.1. Malang: Universitas Brawijaya.

Prasetya, Naraya Adi., dan PM. Broto Sunaryo. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Lahan di Kawasan Banjarsari Kelurahan Tembalang, Semarang. Jurnal Teknik PWK Vol. 2 No. 2. Semarang: Universitas Diponegoro.

Rusdi, Muhamad. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga dan Penggunaan Lahan di Sekitar Jalan Lingkar Salatiga. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota Vol. 9 No.3. Semarang: Universitas Diponegoro.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yendra, Rado., dan R. Rif'a Risman. 2019. Penerapan Metode Ordinary Kriging pada Pendugaan Kriminalitas di Kota Pekanbaru Riau. Jurnal Sains Matematika dan Statistika, Vol. 5 No. 1. Pekanbaru: UIN Sultan Syarif


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.