PRIORITAS PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KAWASAN WISATA HUTAN MANGROVE TANJUNG BATU

Dio Aditya Ardhindra Putra, Wawargita Permata Wijayanti, Aris Subagiyo

Abstract


Hutan mangrove yang terletak di Tanjung Batu ini adalah bagian dari sebaran alami hutan mangrove di wilayah pesisir Kabupaten Berau. Kawasan hutan mangrove tersebut berada di lokasi yang sangat strategis, yaitu di daratan utama Kalimantan yang menjadi gerbang bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata yang sudah terkenal di Kepulauan Derawan. Pada kondisi eksisting, pemanfaatan dan pemeliharaan sarana & prasarana yang sudah tersedia belum efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan prioritas peningkatan kualitas pelayanan di Kawasan Wisata Hutan Mangrove dengan mempertimbangkan aspek reliability (kehandalan), assurance (jaminan), tangible (berwujud), emphaty (empati), dan responsiveness (ketanggapan). Teknik analisis yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Development (QFD). Berdasarkan hasil kuadran IPA diketahui bahwa atribut-atribut yang perlu dilakukan perbaikan merupakan atribut yang terdapat pada kuadran A (3 atribut) dan C (20 atribut). Hasil analisis QFD terlihat bahwa ada (berapa variabel) yang masuk prioritas pertama atau kategori urgent yang meliputi menambahkan tempat sampah dibeberapa titik dengan prioritas penanganan penambahan dan perbaikan tempat sampah.

Keywords


kualitas-pelayanan; ekowisata; mangrove; Quality-Function-Deployment

Full Text:

PDF

References


Balitek KSDA. 2016. Potensi Pengembangan Ekowisata Mangrove

Hartanto, Sidiq. 2008. Analisa Kualitas Pelayanan Perpustakaan Perguruan

Tinggi dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Hartanti, F. T. & Hariastuti, N. L. P. 2015.Integrasi Servqual Dan Qfd Untuk

Meningkatkan Kualitas Pelayanan DiTempat Rekreasi Kenjeran Baru

Surabaya. Surabaya. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia

jilid satu. Jakarta: Prentice Hall

Putro, S. W. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk

Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy

Garden Surabaya. Surabaya. Universitas Kristen Petra

Rizkiyani, A. H. & Achmadi, F. 2016. Strategi Pemasaran Objek Wisata

Dengan Pendekatan Servqual Mix dan Quality Function Deployment

(Qfd). Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Wiratama, S. P. 2020. Perbaikan Obyek Wisata Pantai Ngliyep Kabupaten

Malang. Malang. Universitas Brawijaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.