EVALUASI KINERJA TERMINAL BAYUANGGA KOTA PROBOLINGGO

Meri Andini, Budi Sugiarto Waloejo, Septiana Hariyani

Abstract


Terminal Bayuangga merupakan simpul terminal tipe A di Kota Probolinggo. Namun berdasarkan hasil observasi didapatkan rata-rata bus yang keluar dan masuk terminal yakni 487 kendaraan per hari dengan intensitas rata-rata 41 kendaraan/jam. Intensitas tersebut belum memenuhi arus minimal per satuan waktu yakni 50-100 kendaraan/jam. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kinerja Terminal Bayuangga. Metode analisis yang digunakan untuk kinerja sirkulasi dan ruang adalah analisis deskriptif evaluatif, analisis level of service dan analisis kebutuhan ruang parkir. Sedangkan metode analisis yang digunakan untuk kinerja operasional adalah analisis headway dan analisis loadfactor. Metode analisis untuk kinerja pelayanan adalah importance perfomance analysis. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan ketidaksesuaian lokasi  terminal dari indikator luas lahan minimal dan jarak minimal antara pintu masuk dan keluar terhadap jaringan jalan. Terdapat permasalahan sirkulasi di dalam terminal berupa persilangan sirkulasi kendaraan dan orang. Beberapa bus AKAP tidak melintasi jalan tol yang sudah diperuntukan. Beberapa fasilitas terminal belum tersedia, ditemukan dalam kondisi rusak dan tidak difungsikan. Kualitas pelayanan ruang untuk ruang tunggu dan selasar jalur pejalan kaki memiliki level of service A. Indeks parkir motor melebihi 1 yakni sebesar 1,02. Semua trayek Bus AKAP, 4 trayek Bus AKDP, dan 2 trayek AK memiliki headway lebih dari ≤ 30 menit. Semua trayek Bus AKAP, AKDP dan AK memiliki loadfactor dibawah 70%. Terdapat 11 indikator kinerja pelayanan berdasarkan persepsi penumpang Bus AKAP, 9 berdasarkan persepsi penumpang Bus AKDP, dan 7 berdasarkan persepsi pengelola yang dianggap sangat penting bagi pengguna, namun tidak memiliki kinerja pelayanan yang baik.

Keywords


Terminal-Bayuangga; Kinerja-Sirkulasi-dan-Ruang; Kinerja-Operasional; Kinerja-Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Arifin, T. S. P., Dwi, E. I., & Safrilah. 2017. Analisis Kinerja Operasional Terminal (Studi Kasus Terminal Samarinda Seberang).

Jurnal Fondasi. 6(2): 1-12.

Astanto, Tri Yoso. 2017. Evaluasi Kinerja Operasional dan Kinerja Pelayanan Terminal Kertonegoro Kabupaten Ngawi. Skripsi. Dipublikasikan. Malang: Universitas Brawijaya.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat. 2002. Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: SK.687/AJ.206/DRJD/2002 Tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan Teratur.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat. 2019. Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP. 2080/AJ.205/DRJD/2019 Tentang Penetapan Trayek, Kebutuhan Kendaraan Bermotor, dan Spesifikasi Teknis Mobil Bus untuk Angkutan Antarkota Antarprovinsi pada Pelayanan Jalan Tol Trans Jawa

Handayani, D., Djumari., Muhammad, A. A. B. 2017. Studi Kinerja Angkutan Umum Informal di Pedesaan. E- Jurnal Matriks Teknik Sipil. 744-752.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia. 2019. Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2019 Tentang Penetapan Lokasi Terminal Penumpang Tipe A di Seluruh Wilayah Indonesia.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 40 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan

Menteri Perhubungan Republik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 132 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan.

Menteri Perhubungan. 1995. Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 31 Tahun 1995 Tentang Terminal Transportasi Jalan.

Sedayu, A., Harnen, S., Agoes, S., & Ahmad, W. 2014. Standar Pelayanan Minimal Terminal bus Tipe A. Malang: Universitas Brawijaya Press.

SKB 3 Menteri. Pedoman Umum Pembinaan Terminal. Ditjen Perhubungan Darat & Ditjen Bina Marga, Jakarta, 1981.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supranto. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.