TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JALAN TOL PEKANBARU - DUMAI
Abstract
Jalan tol Pekanbaru-Dumai adalah salah satu ruas jalan tol Trans Sumatra yang dibangun oleh PT Hutama Karya. Jalan tol Pekanbaru-Dumai menghubungkan koridor-koridor ekonomi utama di Provinsi Riau antara lain Dumai-Duri-Kandis-Patapahan-Minas-Pekanbaru. Pada jalan tol Pekanbaru-Dumai ditemukan permasalahan-permasalahan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan minimal jalan tol dimana permasalahan tersebut dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna berdasarkan kualitas pelayanan jalan tol yang dinilai dari persepsi pengguna. Penelitian ini menggunakan metode analisis costumer satisfaction index untuk memperoleh penilaian tingkat kepuasan pengguna jalan tol Pekanbaru-Dumai terhadap pelayanan yang diberikan oleh PT Hutama Karya. Kualitas pelayanan yang diteliti terdiri dari 21 atribut kualitas pelayanan yang terbagi menjadi 5 variabel kualitas pelayanan (service quality). Pengumpulan data penilaian persepsi kualitas pelayanan menggunakan kuesioner online berupa google form. Sehingga dihasilkan tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas pelayanan yang diperoleh sebesar 0,63 atau 63% dengan kategori cukup puas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardhika, I. M.2007.Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Jalan Tol Jagorawi Pada PT. Jasa Marga (PERSERO). Bogor. Institut Pertanian Bogor.
Hidayat, P. A. 2006.Analisis Tingkat Kepuasan Pemakai Jalan Tentang Keamanan, Kenyamanan Dan Efisiensi dalam Menggunakan Jalan Tol Jakarta - Cikampek. Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.
Listyari, N. 2006.Analisis Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Coffee Shop De Koffie Pot. Bogor. Institut Pertanian Bogor.
Pancawati, E., & Kartika, A. A. 2013.Analisis Layanan Jalan Tol Berdasarkan Kebutuhan Pengguna (Studi Kasus Ruas Jalan Tol Surabaya – Gresik). Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XIX. pp. B91-B97. Surabaya. MMT-ITS.
Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 16/PRT/M/2014 Tentang Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 28 Tahun 2021 Tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan Pada Jalan Tol
Satriotomo, D. 2011.Efektivitas Layanan Jalan Tol Kota Semarang Dalam Memenuhi Kebutuhan Pengguna. Semarang. Universitas Diponegoro.
Sugiyono. 2019.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Yana, Astana, I., & Salasa, B. Efektivitas Layanan Jalan Tol Bali Mandara Dalam Memenuhi Kepuasan Pengguna. Jurnal Spektran, 6(2), 224-233.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.