EVALUASI KINERJA JALUR PEJALAN KAKI KAWASAN ALUN – ALUN SIDOARJO

Helanda Kresna Fresdatama, Budi Sugiarto Waloejo, Imma Widyawati Agustin

Abstract


Kawasan alun – alun Sidoarjo merupakan salah satu kawasan yang strategis yang terdapat di Kabupaten Sidoarjo. Kawasan alun-alun memiiki panjang jalur pejalan kaki di kawasan alun – alun Sidoarjo 1,6 km, tetapi kondisi kinerja operasionalnya tidak sesuai standar dan pejalan kaki tidak dapat menikmati pelayanan dengan maksimal karena tidak nyaman, tidak merasa aman, dan pejalan kaki banyak yang memilih berjalan di badan jalan. Berdasarkan kondisi permasalahan pada lokasi studi dan termasuk dalam kawasan strategis, penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan kinerja jalur pejalan kaki guna menunjang perencanaan pada koridor jalan tersebut. Metode yang digunakan untuk kinerja operasional ditinjau dari geometri, kondisi kerusakan, fasilitas pelengkap, dan level of service, sedangkan kinerja pelayanan menggunakan analisis kano yang menghasilkan atribut prioritas, serta menggunakan analisis QFD (Quality Function Deployment) yang menghasilkan arahan perbaikan dan prioritas peningkatan kinerja. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa strategi perencanaan rekomendasi, diantaranya yaitu merenovasi lebar jalur hijau, memperbaiki tinggi pembatas jalur pejalan kaki dengan jalur hijau, merenovasi jalur pejalan kaki dengan menambah ubin bertekstur sebagai jalur pemandu, merenovasi jalur pejalan kaki, merenovasi kerusakan permukaan jalur pejalan kaki, menyediakan fasilitas pagar pembatas berupa bolar, memasang  rambu dilarang parkir dan juga  rambu dilarang berjualan diatas trotoar, menyediakan ramp dan fasilitas pegangan tangan, menambahan lampu penerangan, menambah tempat duduk, menanam tanaman jacaranda atau gelam karena diameternya sesuai dengan kondisi lebar jalur pejalan kaki, merelokasi pedagang kaki lima, menambah tempat sampah, memindahkan fasilitas yang mengganggu badan jalur pejalan kaki, dan mewarnai kembali rambu yang sudah rusak.

Keywords


Jalur-Pejalan-Kaki; Kinerja-Operasional; Kinerja-Pelayanan; Model-kano; Quality-Function-Development-Analysis

Full Text:

PDF

References


Anggriani, N. 2009. Pedestrian Ways dalam Perancangan Kota. Klaten. Yayasan Humaniora.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo. 2019. Kecamatan Sidoarjo dalam Angka 2020. Kabupaten Sidoarjo. Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo.

Kha’irunisa, Aisya., Rohayati, Yati., Kusmayanti, Ima, Normaliah. 2019. Perancangan Kebutuhan Pelanggan Terhadap Layanan Penyewaan Gudang Berbasis Website Inaventory Menggunakan Pendekatan Integrasi Electronic Service Quality dan Model Refined Kano. E-Proceeding of Engineering Volume 6 Nomor 2.

Saty, Fadila, Marga.dkk. 2016. Analisis Finansial Dan Resiko Investasi Teknologi Pisang Kultur Jaringan Di Kabupaten Lampung Selatan. JIIIA 4 (3):272-273.

Negasari, Aktiviantia, Poshi. 2014. Penataan Jalur Pejalan Kaki Berdasarkan Persepsi dan Perilaku Pejalan Kaki di Kawasan Pusat Kota Malang (Studi Kasus: Jalan Semeru, Jalan Kahuripan, Jalan Tugu, Jalan Kertanegara). Universitas Brawijaya.

Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 1 Tahun 2019 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi Bagian Wilayah Perkotaan Sidoarjo 2019-2039.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 03/PRT/M/2014 tentang Pedoman Perencanaan, Penyediaan, Dan Pemanfaatan Prasarana Dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan.

Putra, Sucipta., Purbanto, Gst, Raka., Negara, Nym, Widana. 2013. Analisis Tingkat Pelayanan Fasilitas Pejalan Kaki (Studi kasus: Jalan Diponogoro di Depan Mall Ramayana). Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastrukstur Teknik Sipil Volume 2 Nomor 2.

Sedayu, Agung. 2018. Pendekatan QFD Menggunakan Respon Teknis Untuk Peningkatan Pelayanan Terminal: Studi Kasus Terminal Tlogomas Kota Malang. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, Volume 20, Nomor 2, Desember 2018 halaman 65-74.

Yuwono, Santyo., Dwi., Ardiansyah., Fahmi., Pramono, Dwi., Harwin., L. Leonardo., Yosua. 2011. Kajian Aspek Kenyamanan Pada Jalur Pedestrian di Penggal Jalan Profesor Soedharto. Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.