PENGARUH KUALITAS RUANG PUBLIK TERHADAP REVISIT INTENTION DI ALUN-ALUN KOTA BATU

Kintan Putri Damara, Wisnu Sasongko, Surjono Surjono

Abstract


Alun-Alun Kota Batu merupakan salah satu ruang publik yang memiliki beragam fasilitas yang mendukung aktivitas masyarakat. Ruang publik yang dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan menciptakan keterikatan masyarakat terhadap suatu ruang publik. Keterikatan tersebut dapat menciptakan niat individu untuk berkunjung ulang ke ruang publik (Shen et al., 2019). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas ruang publik berdasarkan indikator Project for Public Space (2000), revisit intention, dan pengaruh kualitas ruang publik terhadap revisit intention di Alun-Alun Kota Batu. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh kualitas ruang publik terhadap revisit intention. Empat kualitas utama ruang publik adalah Comfort and Image, Access and linkage, Uses and Activity, dan Sociability. Berdasarkan hasil analisis, Alun-Alun Kota Batu memiliki kualitas ruang publik yang baik dengan nilai 3,79, tingkat revisit intention pengunjung yang tinggi sebesar 4,09. Berdasarkan hasil analisis regresi, terdapat pengaruh antara keempat variabel kualitas ruang publik secara simultan terhadap revisit intention. Variabel yang memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap intention to visit (Y1) adalah Comfort and Image dan Uses and Activity, sedangkan terhadap intention to recommend (Y2) adalah Uses and Activity dan Sociability. Adanya pengaruh tersebut menunjukkan bahwa peningkatan kualitas ruang publik di Alun-Alun Kota Batu juga dapat meningkatkan revisit intention pengunjung.

Keywords


kualitas-ruang-publik; revisit-intention; regresi-linier-berganda

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baker, D. A., & Crompton, J. L. 2000. “Quality, Satisfaction and Behavioral Intentions”. Annals of Tourism Research, Vol. 27 No. 3, pp. 785-804.

Carmona, M. 2008. Public places – The Management Dimension. New York: Routledge: Taylor & Francis group.

Carmona, M. 2010. Contemporary Public Space, Part Two: Classification. Journal of urban design, 15(2), 157-173.

Umar, Husein. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Karyono, T. H. 2005. Fungsi Ruang Hijau Kota ditinjau dari Aspek Keindahan, Kenyamanan, Kesehatan dan Penghematan Energi. Jurnal Teknologi Lingkungan, 6(3), 452-457.

Lemeshow, S., Homer Jr, D. W., Klar, J., & Lwanga, S. K. 1997. Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan. Diterjemahkan oleh Dibyo Pramono. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Lin, C. H. 2012. Effects of Cuisine Experience, Psychological Well-Being, and Self Health Perception on the Revisit intention of Hot Springs Tourist . Journal of Hospitality, , p. 1-22.

Project Public Spaces. 2000. “Urban Open Space Plan”. New York: The City of Tempe, Community Development Department

Project For Public Space. 2004. What Makes a Successful?.Diakses pada 6 Maret 2022.

Putri, N. C., Sasongko, W., & Surjono. 2022. Hubungan Aktivitas PKL dengan Kualitas Ruang Publik Kawasan Pasar Loak Comboran Malang. Planning for Urban Region and Environment Volume 11, Nomor 2.

Sattarzadeh, D. 2018. The Effect of Designing Urban Public Spaces on Place Attachment (Case Study: Tabriz, Iran). Space Ontology International Journal, 7(4), 53-64.

Shen, K., Geng, C., & Su, X. 2019. Antecedents of Residents’ Pro-tourism Behavioral Intention: Place Image, Place Attachment, and Attitude. Front. Psychol. Sec. Environmental Psychology.

Sasongko, W., Purnamasari, W. D., & Ramadhan, R. I. 2020. Hubungan Kualitas Taman Siring Pierre Tendean terhadap Keterikatan Masyarakat Pada Taman Siring Pierre Tendean. Jurnal Tata Kota dan Daerah, 12(1), 1-14.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, CV


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.