ASPEK KEKELUARGAAN DALAM KONSEP OMOTENASHI PADA KORIDOR JALAN SW PRANOTO

Rizal Galinato Junior, Imma Widyawati Agustin, Septiana Hariyani

Abstract


Koridor Jalan SW Pranoto merupakan salah satu koridor yang menyambungkan dengan Pasar Besar Kota Malang. Pasar Besar sebagai pusat perdagangan dan jasa, kuliner, pertokoan, dan wisata memiliki ciri khas dan daya tarik. Karakteristik tersebut mampu menimbulkan aktivitas yang sangat masif sehingga diperlukannya pengendalian arus lalu lintas dan penunjang aktivitas di koridor. Transportation Demand Omotenashi (TDO) merupakan konsep penerapan strategi Transportation Demand Management (TDM) yang ramah dan kekeluargaan serta didukung oleh daya tarik khas. Omotenashi memiliki makna keramahan, kehangatan, dan kekeluargaan. Kekeluargaan memiliki makna yang berlawanan dengan individualis. TDO menawarkan prinsip kekeluargaan dengan pengoptimalam manajemen parkir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memberikan arahan peningkatan kinerja operasional parkir on-street berdasarkan aspek kekeluargaan dalam Konsep Omotenashi khusnya parkir on-street pada Koridor Jalan SW Pranoto. Penelitian ini menggunakan analisis parkir on-street berdasarkan aspek kekeluargaan untuk mengatasi permasalahan lalu lintas untuk menjadi teratur dan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat pergantian parkir kendaraan sepeda motor di atas 1 yang menandakan kendaraan yang masuk melebihi petak parkir dan konfigurasi parkir untuk kendaraan mobil maupun sepeda motor yang tidak berpola paralel 0◦ atau 180◦ menunjukkan ketidaksesuaian dengan aspek kekeluargaan (familiarity). 


Keywords


Koridor-Jalan-SW-Pranoto; Omotenashi; Aspek-Kekeluargaan; Parkir-On-street

Full Text:

PDF

References


Agustin, I. W.2015. Tingkat Keramahan dalam Kemungkinan Penerapan Transportation Demand Omotenashi (TDO) di Kawasan Pusat Kota Malang. Jurnal Sosek Pekerjaan Umum, Vol.7 No.2, 144-145.

Agustin, I. W.2016. Situasi dan Permasalahan Parkir On-street di Kawasan Pusat Kota Malang. Seminar Nasional Terapan Riset Inofatif. Semarang.SENTRINOV.

Agustin, I. W., & Hariyani, S.2020. Transportation Demand Omotenashi VS Transportation Demand Management. Kota Malang.CV AE MEDIA GRAFIKA.

Amalia, L. R., Agustin, I. W., & Utomo, D. M. 2016. Evaluasi Kinerja Operasional Parkir di Badan Jl. KH Agus Salim, Jl. Zainul Arifin, dan Jl. SW Pranoto Kota Malang. Planning for Urban Region and Environment Vo. 5 No. 3, 21-22.

Aminah, S.2018. Transportasi Publik dan Aksesibilitas Masyarakat Perkotaan. Jurnal Teknik Sipil UBL Volume 9, Nomor 1, 1142-1143.

Andaru, N. M., Dwi Ari, I. R., & Firdausiyah, N.2021. Arahan Penataan Parkir On-street berdasarkan Pengaruh Perilaku Parkir terhadap Kinerja Ruas Jalan Pasar Besar. Planning for Urban Region and Environment Journal (PURE) Volume 10 Nomor 2, 12.

Angeline, Popang, I. D., & Setiawan, R.2018. Manajemen Ketersediaan dan Kebutuhan Parkir Mobil di Universitas Kristen Petra. Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil, 31-32.

Brotodewo, N.2010. Penilaian Indikator Transportasi Berkelanjutan pada Kawasan Metropolitan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota Vol 21 No. 3, 165-166.

Mualimmah, & Mashpufah, R. N.2021. Analisis Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam Mengatasi Permasalahan Transportasi di Perkotaan. Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik, 291-296.

Palandi, E. H.2019. Filosofi dalam Konsep Omotenashi pada Tutur Bahasa Jepang. Outlook Japan: Omotenashi As Japanese Culture Vol.7 No.2, 4-5.

Tamin, O. Z.2007. Menuju Terciptanya Sistem Transportasi Berkelanjutan di Kota-Kota Besar di Indonesia. Jurnal Transportasi Vol. 7 No. 2, 87-88.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.